Thursday, January 3, 2008

20 Album Favorit Sepanjang Tahun 2007

Tahun 2007 adalah tahun yang dipenuhi oleh banyak album-album yang mengagumkan. Sulit rasanya untuk menentukan mana yang terbaik. Tadinya saya mau menuliskan album-album favorit saya tahun ini seperti yang saya lakukan di tahun lalu

Tapi apa daya, saya dihadapkan oleh keterbatasan waktu. Akhirnya saya memutuskan untuk menyempitkan list menjadi 20 saja. Namun tetap saja, saya selalu tidak sempat untuk menuliskannya. Akhirnya baru di awal tahun ini, list album favorit saya tahun 2007 bisa saya selesaikan.

Kali ini saya juga memberi contoh sampel mp3 untuk setiap albumnya, mungkin bisa memberi sedikit gambaran tentang apa yang saya tulis.

Jadi inilah, 20 album favorit saya sepanjang tahun 2007. Ditulis berdasarkan urutan terbawah hingga teratas.


20. The Besnard Lakes - The Besnard Lakes Are The Dark Horse
Sebuah album yang heroik dan monumental. Disajikan dengan elemen psychedelic, falsetto ala Beach Boys serta kegaduhan gitar dari band-band shogaze era 90an. Satu lagi band asal
Kanada yang bersinar di tahun 2007.


Mp3 : The Besnard Lakes - Disaster


19. The National Lights – The Dead Will Walk, Dear
Sekilas lagu-lagu yang terdapat dalam album ini memang terdengar nyaman dan membuai, seperti sebuah cerminan kehidupan yang damai dan tentram. Namun ternyata lirik-lirik yang ditulis oleh lead-singer dan songwriter Jacob Berns menyentuh soal kematian, hantu, mati tenggelam dan hidup dengan rahasia yang gelap. Melalui inspirasi terbesarnya dari cerita-cerita Gothic Amerika, The National Lights mencoba membuat bingkai dari kegelapan yang juga bisa tampil dengan indah.

Mp3 : The National Lights - Mess Around


18. Amy Winehouse – Fade to Black
Lupakan sejenak semua tingkah laku, sensasi media serta tak lupa tato menyeramkan dari Amy Winehouse. Karena di luar semua itu, ia adalah salah satu penyanyi soul wanita terbaik sekarang ini. Album ini adalah buktinya. Penulisan ulang dari karya-karya Motown di abad kedua puluh satu, tidak pernah secermat ini.

Mp3 : Amy Winehouse - Love is a Losing Game


17. Justice - +
Gaspard Augé dan Xavier de Rosnay yang tergabung dalam Justice sukses dalam meramu suara gaduh dan pekak di telinga menjadi alunan lagu yang sanggup membuat setiap orang untuk menggerakkan badannya. Oh iya, dan tak lupa dengan lagu hits mereka yang berjudul D.A.N.C.E, dengan sukses Justice membayangi Rihanna dengan Umbrellanya untuk menjadi songs of the year.

Mp3 : Justice - New Jack


16. Dolorean – You Can’t Win
Saat album ini sedang dikerjakan, Al James, vokalis dan penulis lagu dari sebuah band folk asal Portland yang bernama Dolorean sedang berada di titik gelap dalam hidupnya. Ia letih akan dunia yang ditinggalinya. Ia letih akan perasaannya. Keletihan dari sebuah relung hati itulah yang dirangkai menjadi untaian lagu-lagu penuh kesedihan yang begitu nikmat untuk didengar.

Mp3 : Dolorean - Buffalo Gal


15.Okkervil River – The Stage Names
Album ini seperti sebuah panggung pertunjukkan dengan keseluruhan lagu yang ada saling berhubungan satu sama lain. Tentunya tetap dibungkus dengan ciri khas Okkervil River selama ini dengan berbagai layer string dan horn section yang kali ini diperkuat dengan unsur rock yang lebih kental serta emosi yang lebih kuat.

Mp3 : Okkervil River - Our Life is Not a Movie or Maybe


14. Phosphorescent - Pride
Matthew Houck kembali menyajikan karya yang hipnotik dan meditatif melalui album terbarunya ini. Pride adalah sebuah gemericik perasaan yang meluap yang pada akhirnya menciptakan suara yang agung. Lalu semua itu disempurnakan oleh alunan vokal Matthew yang menjadi perlambangan dari sebuah jiwa yang rapuh yang mau tidak mau membuat kita tergerak setiap kali mendengarkannya.

Mp3 : Phosphorescent - Torn Up Praise


13. Feist – The Reminder
Album ini secara keseluruhan telah berhasil dalam melanjutkan kesuksesan album Feist terdahulu tanpa harus mengulangi formula yang sama. Jika album Let It Die terdengar lebih halus dan terprogram, album The Reminder tampak lebih organik dan kasar. Feist is back with a reminder of what made her so special in the first place.

Mp3 : Feist - How My Heart Behaves


12. Beirut – The Flying Club Cup
Zach Condon kembali melanjutkan perjalanannya. Setelah berpetualang di kota-kota kecil di Eropa timur, kini ia berkunjung ke Perancis dan siap menyebarkan aroma magisnya. Dengan berbagai instrumen seperti brass, accordion serta ukulele, album ini menampilkan romantisme dari sebuah sudut di kota kecil di Perancis yang hangat.

Mp3 : Beirut - Sunday Smile


11. Andrew Bird - Armchair Apocrypha
Album ini adalah perwujudan dari kenyamanan seorang Andrew Bird yang telah menemukan rumahnya.
Setiap lagu ditata dengan apik menghasilkan koleksi musik pop cantik yang dihasilkan dari seorang penyiul yang jenius.

Mp3 : Andrew Bird - Scythian Empire



10. Yeasayer - All Hour Cymbals
Musik dari kuartet asal Brooklyn ini memang seaneh dan semisterius seperti foto dari cover albumnya. Menyimak lagu-lagu Yeasayer seperti membaca sebuah novel misteri dengan berbagai petunjuk yang tidak berhubungan yang pada akhirnya berakumulasi hingga datangnya kesadaran. Debut album ini menampilkan musik progresif yang diracik sedemikian rupa dengan berbagai elemen world music seperti pattern drum Afrika ataupun Peruvian pan pipes. Sangat mengasyikkan.

Mp3 : Yeasayer - 2080


9. Iron & Wine - The Shepherd’s Dog
Kali ini Sam Beam tidak lagi menjadi seorang pria yang membuat rekaman lo-fi di kamar tidurnya. Kini ia keluar dari kamarnya yang nyaman, membentuk sebuah grup band dan mencoba untuk bereksplorasi lebih jauh dengan musiknya. The Shepherd’s Dog adalah album paling berbeda serta paling progresif dari Iron and Wine. Ini merupakan pencapaian yang patut kita acungi jempol.

Mp3 : Iron and Wine - Boy with a Coin


8. Tenniscoats – Tan Tan Theraphy
Tenniscoats adalah sepasang suami istri asal Tokyo bernama Saya Ueno dan Takashi.Untuk album terbarunya, mereka berdua bekerjasama dengan musisi folktronica dari Swedia yang bernama Tape. Jalinan kerjasama ini terukir dengan manis di tengah harmonisasi vokal yang halus dari Saya Ueno yang berpadu dengan keanggunan sopran saxophone yang dimainkan Takashi serta dibumbuhi oleh aransemen electro-acoustic dari Tape.

Mp3 : Tenniscoats - Baibaba Bimba


7. Richard Swift - Dressed Up for the Letdown
Richard Swift membuat album yang seharusnya dibuat oleh Paul McCartney tahun ini. Dengan diam tapi pasti, Swift mencoba formula pop manis ala McCartney dengan aransemen ringan yang terdengar membahagiakan namun dengan tema-tema kesedihan yang terbungkus di dalamnya.

Mp3 : Richard Swift - The Song of National Freedom


6. The National – Boxer
Album terbaru dari The National ini penuh dengan atmosfir gelap nan elegan yang diwakili oleh suara bariton aristrokat milik vokalis Matt Berninger. Sebuah sajian kontemplatif yang terdengar mahal yang akan selalu menghangatkan malam-malam yang dingin.

Mp3 : The National - Gospel



5. Burial – Untrue
Untrue adalah album kedua dari grup dub step asal Inggris yang bernama Burial. Penuh dengan kemuraman ala film noir, yang dijejali oleh gambaran kompleks dari perasaan terisolasi, dingin dan sakit hati. Yang menjadikan rilisan ini lebih spesial karena Burial menyajikannya dengan unsur humanis yang kental, pekat dengan suara-suara organik serta unsur melankolis yang diam-diam mengusik.

Mp3 : Burial - Ghost Hardware


4. Radiohead – In Rainbow
Setelah The Bend, OK Computer, dan Kid A, Radiohead kembali memberi kita sebuah album klasik untuk masa depan dan kali ini mereka membuat jutaan penggemarnya bersatu padu di sebuah malam yang juga menjadi penanda akan berkembangnya sebuah era baru dari industri musik.

Mp3 : Radiohead - Nude


3. Jens Lekman – Night Falls on Kortedalla
Jens Lekman yang kini sedang banyak mendengarkan piringan hitam dari Burt Bacharach, Donna Summer dan juga kumpulan hits soul tahun 60an, memproduksi lagu-lagu pop klasik terbaik dengan penuh kesegaran yang membuat rilisan ketiganya ini sebagai karya yang paling solid selama karir bermusiknya.

Mp3 : Jens Lekman - A Postcard to Nina


2. Panda Bear – Person Pitch
Inilah jadinya jika Noah Lennox dari Animal Collective di bawah pengaruh LSD dan mengembara seorang diri di gurun pasir. Lalu di tengah perjalanan ia bertemu Brian Wilson dan akhirnya mereka bernyanyi bersama ditemani oleh kuda-kuda terbang di bawah naungan langit yang berwarna-warni. Mendengarkan album ini bagai sebuah mimpi yang ganjil namun juga menyenangkan. Sungguh suatu pengalaman transendental yang begitu liar.

Mp3 : Panda bear - Bros


1. Miracle Fortress – Five Roses
Seperti banyak band hebat yang muncul belakangan ini, Miracle Fortress juga berasal dari Montreal, Kanada. Seperti yang banyak terjadi juga, band ini lagi-lagi menganggap Brian Wilson dan Beach Boysnya sebagai salah satu nabi. Namun tidak seperti yang banyak terjadi, band ini tidak henti-hentinya menghantui saya semenjak pertama kali saya mendengarkan album ini hingga saat ini. Setiap lagu dalam debut album dari band yang merupakan alter-ego dari seorang multi instrumentalis bernama Graham Van Pelt, semakin bersinar setiap kali saya mendengarkannya. Setiap lagu dibangun dengan konstruksi yang presisi melalui berbagai layer keyboard yang berombak, sahutan suara gitar yang melambung tinggi serta digenapkan dengan vokal yang kaya akan harmonisasi yang megah. Jika didengarkan dengan seksama, ada sedikit rasa My Bloody Valentine di beberapa sisi yang dipadankan dengan aransemen kompleks ala Brian Eno dan yang pasti harmonisasi vokal yang mengacu pada buku panduan yang ditulis oleh Brian Wilson. Five Roses adalah album yang ambisius dari seorang pemuda yang melakukan navigasi dari sejarah musik pop secara cerdas.

Mp3 : Miracle Fortress - Have You Seen in Your Dreams

36 comments:

  1. yang indonesia dong apa?? 'kangen' masuk kali gak? hahaha

    ReplyDelete
  2. terimakasi dimas..

    jens dan iron&wine nya setujuu!
    stars ko gak masuk padahal 2 album..

    ReplyDelete
  3. wah indonesia apa yah? gak terlalu banyak denger sih tahun ini. paling band-band independen aja paling.

    ok, ini listnya untuk indonesia..langsung dibuat spontan..hehe..

    1.Naif – Televisi
    2. Santamonica – Curiouser and Curiouser
    3. Efek Rumah Kaca – Efek Rumah Kaca
    4. The S.I.G.I.T.S - Visible Ideas of Perfection
    5. Seringai – Serigala Militia
    6. Padi – Tak Hanya Diam
    7. White Shoes and the Couple Company – Skenario Masa Muda
    8. Cascade – She Pretend (ep)
    9. Tiga pagi – Half a Wake (ep)
    10. Monkey to Millionare – Monkey to Millionare (ep)


    ReplyDelete
  4. stars tadinya masuk, na..tapi kalah di pertarungan terakhir.hihi..

    ReplyDelete
  5. beberapa hampir stengahnya setuju tp setengahnya patut diperdengarkan lagi sama gue...hihi...
    thx dim, ada yg baru untuk didengar...setuju juga sama hanna, memang jens lekman selalu menyenangkan didengar...dan album yg ini memang paling bagus dibanding yg sebelum2nya..

    ReplyDelete
  6. Iron & Wine & Panda Bear! yeah! emg kaya dengerin Beach Boys dibawah pengaruh LSD tuh.. kt tmn gue kalo dengerin sambil elsid banyak layer2 baru yg sebelumnya ga kedenger

    ReplyDelete
  7. saya cinta wanita gila seperti amy winehouse sama feist, walaupun suaranya tidak bervibra seperti idol-idol tapi sangat nikmat didengarkan..
    radiohead juga tetep jadi favorit saya dengan kontrovesri albumnya in rainbow itu..
    iron and wine juga boleh..
    kalo boleh nambahin the decemberist juga masuk list saya hihihi..

    ReplyDelete
  8. ngehe! semalem gw ketiduran!!!!!
    besok lah!

    ReplyDelete
  9. Banyak yang belum gua denger. Kebanyakan kerja kali ya? Burn-in buat gua, Dim!

    ReplyDelete
  10. iya ni saya juga banyak blom punya. bagi2 donk
    huehehehehe

    ReplyDelete
  11. Iya dim. burnin donk..
    sudah lama nih mas dimas tdk ngeburnin saya lagu.
    sudah sangat sibukn nampaknya mas dimas.
    hehe..

    ReplyDelete
  12. gokil..beneran bisa sampe kayak gitu efeknya? jadi pengen nyoba..haha

    ReplyDelete
  13. the decemberist satu saya nggak ngeluarin album di tahun 2007..yang terakhir kan mereka the crane wives itu tahun 2006.

    ReplyDelete
  14. dimas' list is better than pitchfork's.

    haha

    ReplyDelete
  15. gak pa-pa lho bung duto..ditunggu listnya.

    ReplyDelete
  16. atau kebanyakan dengerin band-band yang ngirimin cdnya untuk direview di jakpost?hihi

    ReplyDelete
  17. sepakat dengan Phosphorescent! setiap track-nya juara.

    ReplyDelete
  18. hehe..iya yah bob..udah lama kayaknya gak ngeburnin buat elo..

    ok, yang ini ntar diburn. tunggu aja.

    ReplyDelete
  19. hahaha..

    elo juga buat dong, dit..ditunggu ya listnya..

    ReplyDelete
  20. Kuda lo. Wakakak. Btw, Jamie Scott lumayan juga walau standar. Kikik. Burn semua lagu itu!

    ReplyDelete
  21. haha. pengen dim, tapi susah. so much music so little time. yang jelas #1-nya burial.

    ReplyDelete
  22. bikin list lagu favorit juga dong dim. hehe. juaranya pasti ella ella ee ee.

    ReplyDelete
  23. jamie scott baru denger satu lagu yang when will i see your face again..itu lagu lama bukan sih?

    ok, siap pak! ditunggu saja cdnya.

    ReplyDelete
  24. bener sih..susah banget emang..pilihan di 2007 banyak banget ya yang bagus..wah mantep nomer satunya burial..elo ada album mereka yang pertama gak? jadi pengen denger nih.

    kalo bikin list lagu favorit makin susah lagi..tapi yang pasti gak akan ada ela..ela..ela..males banget..heuheheh

    ReplyDelete
  25. Wah, setau gua itu lagu dia sih. Kaya Maroon 5 ya. Haha.

    ReplyDelete
  26. asik.. banyak yang saya belum tau dim..
    langsung ta' download deh ya..
    lumayan buat referensi bermusik (cie elahh).. hehe.. :D

    ReplyDelete
  27. susah bagi gw bukan karena susah milihnya dim. tapi album yang gw denger ga banyak. jadi ngerasa ga qualified untuk bikin list album. hueheh.

    album pertama burial cenderung dingin buat gw. sedangkan untrue jauh lebih warm, lebih human. ada yang bilang, album ini dubstep by association. tapi musiknya sendiri sebenernya futuristic soul. heheh, ada2 aja.

    ReplyDelete
  28. iya sih oktober 2006..
    ga boleh ya..
    kalau begitu the undertones aja..
    hehehe..

    ReplyDelete
  29. Ditunggu dengan manis mas Dimas..
    kecup!

    ReplyDelete
  30. cuek aja, dit..namanya juga untuk blog pribadi, jadi bebas-bebas aja..hehe

    dubstep by association, futuristic soul..aduh makin pusing aja ya genre musik..huhuhu..

    ReplyDelete
  31. oh mereka bikin album lagi ya? belum denger..

    ReplyDelete
  32. Hue3...., bos banyak yg gw ga tahu nich band nya... ,

    ReplyDelete
  33. iron & wine dan panda bear lucu musiknya !


    feist dan justice tetep..

    ReplyDelete
  34. Yiiipa..
    dig yourself deep..
    15 oktober 2007 kmaren kok..
    kapan2 gw upload..

    ReplyDelete
  35. ko kaya seneng bener gitu dimas belom denger satu album.. kekekek..

    ReplyDelete