Wednesday, February 27, 2008

Holy Grail for The Velvet Underground Fans

Kabar gembira bagi penggemar The Velvet Underground (VU). Awal bulan ini, seseorang menjual bootleg VU dari tahun 1967 bertajuk The Velvet Underground Live at New York City’s Gymnasium di ebay. Ia hanya menjual 100 copy vinyl berwarna hijau dengan harga sekitar 40 dollar. Kabar ini langsung beredar cepat dan hanya dalam waktu dua hari saja, 100 vinly tersebut sudah habis terjual. Untungnya seseorang yang telah membeli bootleg tersebut segera mengupload di blognya dan akhirnya kita semua bisa mendengar bootleg ini. Anda bisa mengunduhnya disini

Bagi penggemar VU rekaman ini adalah sebuah 'holy grail'. Terlebih karena bootleg ini menampilkan sebuah lagu unreleased dari VU berjudul "I’m Not a Young Man Anymore”. Setelah kurang lebih 40 tahun, lagu 'baru' dari VU akhirnya ditemukan. Bootleg ini juga menampilkan lagu "Sister Ray" sepanjang 19 menit yang pertama kalinya dimainkan oleh VU di depan umum.

Pada website Warhol Star, Chris Stein dari band Blondie masih mengingat dengan jelas pertunjukkan VU malam itu di Gymnasium, “By that time the rest of The Velvets had arrived. After a while they started to play and they were like awesomely powerful. I had never expected to experience anything like that before... I was really disappointed that they didn't have Nico, because we thought she was the lead singer, but I distinctly remember the violin and their doing 'Venus in Furs' because a couple of people in dark outfits got up and started doing a slow dance with a chain in between them... There were maybe thirty people there. It was very late, but it was a memorable experience...”

Berikut ini adalah tracklistnya :
1. I'm Not A Young Man Anymore (previously unheard VU song)
2. Guess I'm Falling In Love
3. I'm Waiting For The Man
4. Run Run Run
5. Sister Ray (debut live performance)

6 comments:

  1. maksudnya yang jual ini yang bikin bootlegnya dan hanya press 100 kopi, atau dia kebetulan punya sisa 100 kopi yang kemudian dijual? karena kalau yang kedua, seharusnya lagu2nya sudah ada di jaringan maya sejak lama.

    ReplyDelete
  2. Eh, elo udah download kan, Mas? Males gue download. Si VU, kalo live jeleknya minta ampun. Cuma, who cares??

    ReplyDelete
  3. belum ada info resmi sih bootleg ini asal muasalnya gimana. tapi kalo dia kebetulan punya 100 kopi lalu dijual kayaknya gak mungkin. karena lagu-lagunya selama ini memang belum pernah beredar satupun di internet. berita-berita mengenai bootleg ini baru muncul minggu-minggu ini. termasuk nymag yang memberitakannya dengan judul : Brand-new Velvet Underground Song! We Bet You Never Thought You'd Read That on a Blog!

    ReplyDelete
  4. udah.ntar kalo ke setiabudi lagi gw bawa deh..

    yang jelek itu maksudnya rekamannya atau maennya jelek?hehe..kalo rekaman, bootleg yang sekarang ini cukup bersih dan jernih kok. gw malah sempet curiga bootleg ini adalah sebuah rekaman live dari band cover version velvet underground yang sangat baik..haha

    ReplyDelete
  5. wohoooww... trimakasih banyak dim... senangnya....

    ReplyDelete
  6. thanks so much, dim! i'm downloading nih! hrrr. dapet bootleg velvets yang rare. cihui!

    ReplyDelete