Tuesday, October 3, 2006

Futuresex/Lovesounds

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Other
Artist:Justin Timberlake
Saat pertama kali mendengar singel terbaru dari Justin Timberlake, saya langsung berdecak kagum. Rasanya lagu ini tidak akan pernah mungkin dirilis oleh seorang pemuda yang enam tahun lalu - dengan rambut pirang nan kriwilnya - menyanyikan “Bye, Bye, Bye” dengan berlagak menjadi string puppet di videoklip yang membuat ia dan teman-teman satu grupnya terlihat semakin culun. Lagu “SexyBack” yang merupakan singel pertama dari album keduanya yang berjudul FutureSex/LoveSounds mampu membuat orang semakin melupakan ‘dosa masa lalunya’ saat masih bergabung dengan boyband bernama N’Sync. Justin Timberlake tahun 2006 adalah Justin yang semakin dewasa, dalam hal ini ia semakin serius dalam bermusik. Syukurlah dia tumbuh dewasa dengan orang-orang tepat disekelilingnya.

Jika pada album terdahulu ada seorang jenius bernama Pharrel Williams, kali ini ada produser bernama Timbaland yang juga sangat besar pengaruhnya dalam membentuk dunia baru dari Justin Timberlake disaat ini, dimana Kraftwerk menggantikan peran The Beatles dan Prince lebih dihormati dibandingkan Elvis Presley. Album ini dipenuhi oleh berbagai suara synth olahan Timbaland yang berpadu dengan groove drum yang ketat yang membalut setiap lagunya yang sarat akan nuansa RnB, Dance, Rock dan Funk. Suara Justin juga tidak luput dari permainan bunyi dari Timbaland. Seperti pada “SexyBack” yang menyuguhkan vokal Justin dengan sedikit distorsi.

Pada lagu “Sexy Ladies” kita dibawa akan kegemerlapan synth tahun 80an, lengkap dengan suara slap bass yang bermain dengan nafas funk. Dalam “My Love”, suara synth mengalun lambat dan bergerak fade in dan fade out mengiringi falsetto andalan Justin. Sedangkan dalam “What Goes Around” menampilkan intro berbau musik ala timur tengah yang pada kelanjutannya menyatu sempurna dengan beat drum khas musik RnB semi balada. Lagu ini sepertinya masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan lagu “Cry Me a River” yang dimuat dalam album debut Justin yang bertajuk Justified.

Yang menarik ada sebuah lagu balada yang mempunyai nuansa yang sangat berbeda dibandingkan lagu-lagu lain dalam album ini. Tidak ada lagi bebunyian synth dan ritme drum yang akrobatik. Lagu ini berjudul “(Another Song) All Over Again” yang merupakan satu-satunya produksi dari produser gaek Rick Rubin di album ini. Lagu ini juga merupakan sebuah penghormatan untuk mendiang Donny Hathaway, seorang penyanyi soul kulit hitam idola Justin. Tetapi lagu ini mungkin lebih tepat jika dinyanyikan oleh Alicia Keys yang memiliki suara soul yang lebih solid dibandingkan dengan Justin. Entah mengapa, menurut saya suara Justin tidak berhasil dalam meniupkan nafas Soul/RnB di lagu ini. Walau bagaimanapun, lagu ini tetap terdengar indah.

Setelah mendengarkan album ini, saya menjadi bertanya-tanya, apa lagi yang akan dihasilkan seorang Justin Timberlake di album selanjutnya. Mengingat album keduanya ini sama sekali tidak terdengar seperti sebuah album yang hanya ingin mengulang kesuksesan album pertama. Justin selalu membawa angin segar dalam setiap albumnya. Album ini juga memperlihatkan bahwa karirnya masih akan terus bersinar di masa depan, dan mungkin akan membuat julukannya sebagai the next king of pop kian mendekati kenyataan. Sebuah kenyataan yang akan membuat Britney Spears - yang kini kian gemuk dengan kondisi keuangan yang juga semakin menipis karena terus diporoti oleh pasangannya yang jobless - semakin menyesal telah melepaskan Justin.

16 comments:

  1. gua belum denger sih. tapi katanya bagusan album pertama. btw, suami britney ga jobless loh. kan dia jadi rapper dengan nama k. fed. haha... tai abis. mau nyaingin justin mungkin?

    ReplyDelete
  2. album pertama emg lebih catchy sih pir..album ini butuh beberapa kali denger dulu..

    suaminya britney kan wannabe rapper..dia kulit putih lg..rapper kulit putih kan agak2 susah utk naek..eminem bisa kyk skg emg krn berbakat..kl kevin bakatnya ngabisin duit aja..hehe..kyknya emg bener si kevin federline gak mau kalah ama justin.

    ReplyDelete
  3. yoa. kevin ee. tapi britney juga ga jelas sih mau ama kevin. hidup justin! hidup timbaland! tapi denger-denger album nelly furtado yang baru ga oke ya. kan timbaland juga tuh produsernya.

    ReplyDelete
  4. ancur! dimas dan adit ngegosipin britney!!! hahahuhuheheh

    ReplyDelete
  5. piss... hahaha
    gathering dateng lo yaa...

    ReplyDelete
  6. ternyata benar dugaan gue kalo albumnya keren, setelah terkaget2 pas tau single pertama album ini yang gue denger di radio adalah milik J.T..asiknya dia udah ngetop trus bisa bikin album dengan idealisme dia ..Gak heran kalo nantinya dia bisa jadi the next Michael Jackson. btw Britney makin terpuruk saja ya nasibnya?

    ReplyDelete
  7. album nelly furtado br denger sekilas..menurut gw biasa aja..lebih hip hop, tp dengan groove2 drum khas timbaland

    ReplyDelete
  8. iya dong..hrs up date jg gosip2 mancanegara..jgn update gosip infotaiment lokal aja..hahahaha...

    ReplyDelete
  9. iya singel sexyback mantap yah..

    ReplyDelete
  10. hai..ga nyangka dirimu mau melirik justin timberlake juga..
    kemaren gw juga sempet ngereview album dia.. asli, layering soundnya banyak banget..jadi terdengar complicated, tapi justru ga ngebuat jadi ngebosenin...dan semakin dengerin semakin suka, beda dengan album pertama yang sangat easy listening...
    album ini kayak campuran antara michael jackson dan prince di era 80an..
    Single My Love juga keren..Kalo perhatiin lirik lagu What Goes Around, sepertinya Justin sedang mentertawakan Britney sekarang, setelah dulu Britney mencampakkan dirinya..look who's laughing now..huhu..ouch..
    di beberapa lagunya,pas outronya, seperti bridging ke lagu selanjutnya, gw sempet ngira udah ganti track tapi ternyata belom...
    Cukup canggih lah album FutureSex/LoveSounds ini... Kalau 2005 jadi milik Pharrell dan The Neptunes untuk memproduseri album2 artis2, tahun 2006 kayaknya jadi milik Timbaland nih..
    Album Nelly Furtado oke sihh, tapi ya gitu aja lahh...

    ReplyDelete
  11. iya, liat manggungnya juga dia kali ini pake instrument real semua, ada rhodes, hammond, pake full band lengkap, kerasa banget prince era 70-an akhir, soul power...

    ReplyDelete
  12. keren ternyata dim. gua baru denger sealbum. lebih berat dari album pertama sih.

    ReplyDelete
  13. berasa mau ke klub disko. atau di dalam klub disko? album ini dia kynya pgn nge dance bgt. terbukti dgn banyknya bebunyian masinal. dan bagi orang yg sempet asyikmasyuk ngulik vokalnya justin di justified (trmsk gue :D) krn disitu teknik vokal Justin asik bgt, disini ora ono malah. dia lebih menekankan pada beat joget. banyak vokal yg menggunakan efek. bebnuyian akustik juga minimal bgt. setengah album pertama sih masih asik, tp kok lama2 cape ya? walaupun ada track balada tapi ttp bikin gue ngerasa.. "oukay, nanti gue coba lagi dengerin.." dan ganti album.. btw ada yg udah denger Beyonce yg baru?

    ReplyDelete
  14. iya di album ini vokal justin emg kurang dieksplor..terlalu asyik dengan 'mainan' baru tampaknya..hehe..yah untuk musik tp album ini ok kok...beyonce belum denger..br denger singelnya gak suka soalnya..hehehe

    ReplyDelete