Thursday, January 5, 2006

Top 10 best cover versions ever recorded



Lagu kover adalah
sebuah bentuk interpretasi yang baru dari sebuah lagu di masa lalu. Hal ini
dilakukan banyak musisi atau artis dengan berbagai alasan. Alasan yang paling
umum biasanya karena si  artis itu adalah
artis baru yang belum dikenal masyarakat, dan agar masyarakat lebih gampang
mengenal sang artis, maka dia mengkover sebuah lagu lama yang telah familiar di
masyarakat. Atau alasan lainnya, mungkin si artis memang menyukai dan
mengidolakan artis original yang membawakan lagu yang dikovernya. Atau juga ada
artis lama yang sudah memudar namanya dan ingin kembali lagi ke industri musik
dan mencetak hits, maka mengkover lagu yang telah popular di masyarakat adalah
salah satu cara untuk bisa menaikkan kembali popularitas sang artis.




Terkadang mengkover
lagu itu bisa berbuah sukses atau malah gagal dan menjatuhkan penjualan si
artis. Malah ada di beberapa kasus, sebuah lagu bisa lebih dikenal karena artis
yang mengkovernya dan malah masyarakat tidak mengetahui bahwa lagu itu adalah
lagu kover. Menurut gw lagu kover yang baik itu bisa membuat pendengarnya
merasakan nuansa yang berbeda bila dibandingkan dengan mendengar lagu aslinya.
Karena kalau lagu kover itu tidak menawarkan sesuatu yang baru, buat apa lagu
tersebut dikover?




Berikut ini, gw akan
menuliskan 10 lagu kover terbaik menurut gw beserta alasannya dan tidak
berdasarkan urutan.






1. Wonderwall - Ryan Adams, 2004 Original by Oasis,
1995




Ryan Adams membuat
lagu ini terasa lebih emosional. Ambient yang dingin dan gelap, petikan akustik
gitar dan suara Ryan Adams yang rapuh membuat suasana lagu menjadi lebih
menggetarkan. Kabarnya Noel Gallagher sangat menyukai versi ini sehingga
membuat Noel sering membawakan Wonderwall menurut versi Ryan Adams di setiap konser
Oasis sekarang.




2. I Just
Don't Know What To Do With Myself - The White Stripes, 2003
Original by Dusty Springfield, 1964




Sebuah lagu klasik
dari Burt Bacharach yang dulu dipopulerkan oleh Dusty Springfield kini diadur
ulang dengan nuansa kotor dan kasar ala White Stripes. Lagu ini mejadi lebih bermakna
jika melihat video klipnya garapan Sofia Coppola yang dibintangi Kate Moss yang
menari striptease nan menggoda, hehe…




3. Comfortably Numb -
Scissor Sisters, 2004

Original by Pink Floyd, 1979




Dengan intro gitar yang seakan memanggil kita
untuk bersiap turun ke lantai dansa, Scissor Sisters bisa membuat lagu Pink
Floyd ini yang tadinya seperti lagu untuk bunuh diri, sekarang bisa dimainkan di
lantai dansa. Sangat ceria dan danceable. Cocok untuk diputar saat lantai dansa
masih kosong, karena lagu ini akan menjadi sirine anda untuk turun dan berdansa.




4. I Will
Survive – Cake, 1997
Original by
Gloria Gaynour, 1979




Lagu ini yang membuat Cake berkibar di industri
musik dunia. Malah gw terkadang menganggap lagu ini adalah lagu original dari
Cake, karena lagu ini sudah sangat identik dengan Cake. Daur ulang versi
classic diskonya Gloria Gaynour dilakukan dengan baik sekali oleh Cake. Yang gw
tidak lupa akan lagu ini adalah pattern bassnya yang sangat groovy.




5. Fiona Apple – Across The
Universe, 1998
Original by The Beatles 1970




Diantara
versi-versi Across The Universe yang lain , versi dari Fiona Apple yang diambil
dari soundtrack
Pleasantville
adalah yang paling baik menurut gw. Alunan vocal malas malasan Fiona malah
membuat lagu ini menjadi sangat bernyawa. Lagu pun seperti berjalan sangat
lambat dan mengalun. Sekilas seperti mendengarkan orang yang baru saja
mengkonsumsi mariyuana sedang bernyanyi. Jika John Lennon masih hidup dia pasti
akan menyukai versi ini. Tapi gw tidak yakin Paul McCartney akan suka.




6. My Bloody Valentine,
1994 - We Have All The Time In The World
Original
by Louis Armstrong, 1992




Mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
Sebuah band legendaris beraliran shogaze akan mengkover sebuah lagu dari salah
satu musisi jazz legendaris. Sebuah lagu klasik dari soundtrack film James Bond milik Louis Armstrong dengan
sangat baik didaur ulang oleh My Bloody Valentine menjadi sebuah himne yang
membius. Pada lagu ini My Bloody tampak lebih tenang, tidak ada suara gitar
yang mengaung-ngaung, tetapi juga tidak meninggalkan kehampaan ala My Bloody Valentine.




7. Frente - Bizzare Love
Triangle, 1994
Original by New Order
1987




Tidak ada lagi suara drum elektronik, tidak ada
lagi suara
synthesizer dari tahun 80an, semua dirombak total oleh
Frente dengan hanya bermodalkan gitar akustik dan suara innocentnya Angie Hart.
Sejujurnya saat SMP, gw malah mendengar versi Frente dulu dan baru saat SMA gw mendengar
versi originalnya dari New Order. Versi Frente ini membuat lagu Bizzare Love
Triangle menjadi lebih sentimentil.




8.
Josh Stone - Fell in Love With The Girl, 2003
Original by The White
Stripes 2001




Sebuah kejutan datang
dari Josh Stone pada debut albumnya, dengan mengkover lagu Fell in Love With
The Girl milik The White Stripes. Disini Josh Stone benar-benar mengeksplor melodi
vocal dari Jack White yang tadinya berbau garage menjadi sangat jazzy dan
bersoul. Dia dengan pintarnya berimprovisasi dengan nada-nada tinggi dan membuat
melodi di lagu aslinya tidak lagi dikenali. Struktur lagu juga diubah total. Kita
tidak mendengar adanya suara distrosi yang kencang sepanjang lagu. Btw gw
membayangkan apa jadinya jika suatu saat nanti Josh Stone bernyanyi lagu ini
dengan ditimpali melodi-melodi blues yang dimainkan Jack White? Mmmh, tidak
sabar menantikannya…




9.
Aimee Man & Michael Penn - Two of Us, 2001
Original by The Beatles,
1970




Tidak tahu mengapa gw
sangat suka lagu Two of Us versi Aimee Man dan Michael Penn ini. Kalau diperhatikan
secara aransemen, sebenarnya tidak jauh berbeda bila dibandingkan versi The
Beatles. Tapi entah karena pengaruh film I Am Sam yang mengharukan atau
pengaruh suara Aimee Man yang sangat menyejukan atau karena perpaduan suara 1
dan suara 2 Aimee dan Michael yang begitu padu? Lagu ini sangat menyenangkan
dan cocok untuk sunday driving, persis seperti pada liriknya.




10.
Pizzicato Five - Girl From Ipanema, 1999
Original by Antonio Carlos Jobim & Astrud
Gilberto, 1967




Sudah tidak terhitung
lagi, sudah berapa banyak artis yang mengkover lagu ini. Tapi biasanya
aransemennya tidak akan jauh-jauh dari versi aslinya. Grup asal Shibuya, Jepang
ini salah satu artis yang berhasil mengkover lagu ini secara sukses, dengan menggabungkan
musik bossasnya Jobim dengan musik modern eclecticnya Pizzicato Five. Pada lagu
ini nuansa Nu Jazz  dan sedikit feel
samba, terasa hampir di keseluruhan lagu. Secara keseluruhan aransemen pada
lagu ini sangat dinamis dan tidak tertebak.








22 comments:

  1. What about Nirvana's (unplugged) rendition of David Bowie's "The Man Who Sold the World"? Cobain sang it from his heart, as if it was his own song...

    ReplyDelete
  2. Vapour Trail - Trespasser Williams

    bikin nangis darah....
    btw tadi pagi gue nonton lo mas di O channel...jieeeeee suit2

    ReplyDelete
  3. wah, dulu gue bener2 ga nyangka ini cover. apalagi pas denger aslinya, ternyata jauh banget berbeda. dan selalu teringat akan videoklipnya dimana angie hart bernyanyi dikelilingi teman2 bandnya yg berjalan berputar2. simple namun bagus.

    sama satu lagi, Torn-nya Natalie Imbruglia. itu lagu kover juga yg justru lebih meledak kover-nya drpd aslinya.

    ReplyDelete
  4. hurt (Nine Inch Nails) - johnny cash
    nervous breakdown (Black Flag)-ryan adams
    personal jesus (Depeche Mode) - johnny cash
    leaving on the jetplane (John Denver) - j.mascis
    raining blood (Slayer) - tori amos
    i against i (Bad Brains) - mos def feat. massive attacks
    in between days (The Cure) - ben folds
    purple haze(Jimi Hendrix) - the cure
    antisocial (Trust)-anthrax
    hazy shade of winter(Paul Simon & Art Granfunkel)-bodyjar
    no fun (The Stooges) - the sex pistols

    sama versi cover dari Killing an Arab/Fire In Cairo oleh The Upstairs yg pernah dibawakan di sebuah acara tribute untuk The Cure.

    ReplyDelete
  5. Kalau gue tambahannya:
    - Accross the universe (The Beatles) - Rufus Wainwright
    - Gloomy Sunday (some singer in 1930s) - Elvis Costello
    - Close to You (The Carpenter) - The Cranberries

    Sisanya nyusul. Lupa! :)

    ReplyDelete
  6. Gloomy Sunday pertama kali dipopulerkan sama Billie Holiday, itupun konon sebenernya bukan lagu dia. Konon lagu itu ditulis oleh seorang komposer Hungaria yg mampu menginspirasi pendengarnya untuk bunuh diri, bahkan kisahnya sampai difilmkan segala (judulnya sama dng jdl lagunya, bisa didapatkan di penjual DVD bajakan terdekat). Di film ini lagu tsb juga dibawakan ulang oleh Heather Nova. Musisi lain yg pernah mengcover lagu ini antara lain adalah Bjork & Christian Death.

    ReplyDelete
  7. salah satu the best cover version, menurut gue adalah 'smells like teen spirits' (nirvana) dinyanyikan ulang sama Paul Anka jadi irama swing di album terbarunya...

    ReplyDelete
  8. kebetulan kemarin ini gue lagi ngobrak-ngabrik posting lagu di multiply, nemu seseorang yang mem-posting tentang Gloomy Sunday ini, berikut sejarahnya. Dan gue bisa dengan lagu ini dibawain sama beberapa penyanyi: Heather Nova, Sarah McLachlan, Bjork, Billie Holiday dan Elvis Costello. Sumpah lagunya emang gloomy abis!

    ReplyDelete
  9. Persis! Gue juga dengerin pertama versi Frente dulu. Kayaknya waktu SMP gue belom kenalan sama New Order deh. Abis kita gak satu sekolah sih...

    ReplyDelete
  10. iya curt cobain emang berhasil membawakan lagu itu dengan sangat baik sekali, tapi kebanyakan lagu2 yg gw cantumin di atas, adalah lagu2 cover yg benar2 berkesan bg gw. Sayangnya man who sold the world kurang mengena bagi gw, tapi gw akuin itu salah satu cover version yang baik sekali.

    ReplyDelete
  11. Wah bener Dim... Dulu sebelum gue dengerin OST-nya I Am Sam, kalo lagi dengerin The Beatles, lagu ini sering gue skip. Tapi pas dengerin di OST-nya I Am Sam jadi gak pernah skip lagu ini lagi....

    ReplyDelete
  12. iya tuh lagunya udh galau jadi tambah galau sama Trespasser Williams, hehe

    oh liat dit? gw malah gak liat lg..soalnya lg di bandung, huhu..Btw kl gak salah ditayanginnya pagi2 banget bukan? kyknya semenjak merrid rajin bangun pagi nih, menyiapkan sarapan buat mas iyub yah?hueheuehee...

    ReplyDelete
  13. gw jg inget banget tuh An videonya..simple banget emang tp manis, hehe..

    gw malah gak tau Torn itu lagu kover..lagu kover siapa An?

    ReplyDelete
  14. wah jd pengen denger lagunya dan nonton filmnya..masih banyak beredar kan filmnya? kl diantara versi gloomy sunday yg paling bagus yg mana menurut lo?

    ReplyDelete
  15. kl menurut gw semua lagu di album paul anka yg baru itu keren semua..membuat paul anka jd idola baru buat anak remaja sekarang , hehe...

    ReplyDelete
  16. versi awalnya emg gak terlalu berkesan buat gw, emg br setelah Aimee Man bawain jadi lebih magis lagunya..Btw lagu two of us kan yang menginspirasikan gw untuk membuat back in the old year..yah jauh-jauh tipislah, hehe...

    ReplyDelete
  17. Huahahahaha.....pantesan... gue tuh pertama kali denger lagu Back In the Old Years agak2 gimana gitu. Serupa sama lagu apa yaa??? Ada suara 1 suara 2 sepanjang lagu, terus petikannya bolak balik. Ternyata...!!! hehehehhe

    ReplyDelete
  18. akhirnya nemu... hehehe... gue lupa dan mesti browsing2 dulu. nah, namanya ednaswap. dan jarak covernya gak jauh, ednaswap rilis tahun 95, tahun 98 udah dicover ama natalie imbruglia. tapi jarang bgt yg pernah denger versi ednaswap ini jd pd nirain torn itu lagunya natalie. gue dengerin versi ednaswapnya sekitar 99-200an itu, lebih mellow lagunya. :)

    ReplyDelete
  19. kalo gue malah lebih suka aslinya sih. yg gue pengen denger itu versi yg rooftop concert-nya. karena disitu ada george sama paul lagi berantem di tengah... :D

    ReplyDelete
  20. gue suka message in the bottlenya sting yang dibawain john mayer.
    i love john mayer

    ReplyDelete
  21. Coil "Who by Fire" (Leonard Cohen) ... well, not really, but i really liked them !

    ReplyDelete
  22. yg paling beda mungkin versinya Christian Death, ada unsur gothnya yg lumayan kental. Sama versi Heather Nova yg terasa modern karena ada sedikir atmosfir trip-hop. Yg versi Bjork gak beda jauh dengan versi Billie Holiday, dengan nuansa jazz th 40an, tapi tentunya dengan vokalnya Bjork. kalo yg paling bagus, ya semuanya bagus kalo gue bilang...hehehehe

    ReplyDelete