Sunday, September 3, 2006

Dari BTC ke BEC



Weekend ini saya tampil dua kali di dua tempat
yang berbeda. Tetapi kedua tempat tersebut mempunyai persamaan, yaitu sama-sama
di mal. Pertama pada hari Sabtu, bertempat di mal yang bernama Bandung Trade
Center atau biasa disebut dengan BTC. Yang menarik, ternyata lokasi acara bukan
terletak di dalam mal, melainkan di atapnya. Sebuah pagelaran menarik dari Oz
radio dan Djarum Super dengan tajuk Sound of Independent yang menampilkan band-band
independent dari Jakarta dan Bandung. Antara lain White Shoes and The Couple
Company, Goodnight Electric, Pop Up, The Milo, Park Drive dan masih banyak
lagi. Ballads of The Cliche sendiri tampil setelah break magrib, sesudah
penampilan band Pop Up. Kali ini Ballads memainkan set pendek, sebanyak 4 lagu.
Karena terbiasa memainkan set panjang, rasanya aneh harus bermain dengan set
minimal dalam waktu yang sangat singkat. Terlebih karena durasi lagu-lagu Ballads
pada umumnya memang cukup singkat. Jadi penampilan kemarin terasa nanggung bagi
Ballads mungkin juga bagi penonton yang menyaksikan. Untungnya penonton yang
datang malam itu sangat menyenangkan.





Penampilan kedua di hari minggu. Bertempat di
mal yang bernama Bandung Electronic Centre atau yang biasa disingkat dengan
BEC. Kali ini saya tampil sendiri. Saya bernyanyi dengan gitar akustik dan juga
harmonika. Tawaran ini datang dari salah satu anak kosan saya, yang sering menjadi
MC untuk acara-acara promo dari Telkomsel. Jadi  konsepnya adalah saya mengisi jeda kekosongan, setelah acara pembagian
souvenir-souvenir menarik dari Telkomsel untuk setiap pengunjung mal yang
berhasil menjawab setiap pertanyaan atau games yang diajukan oleh MC. Tampil
sendiri di dalam mal dengan pengunjung yang sangat padat adalah pengalaman
pertama bagi saya. Yah hitung-hitung belajar dan juga menambah sedikit pemasukan
di awal bulan. Hehe...





Sebenarnya ini adalah kali ketiga untuk saya
tampil sendiri. Yang pertama pada acara yang diselenggarakan oleh Death Rock
Star di TRL. Lalu yang kedua di sebuah acara amal untuk gempa Jogja yang
diselenggarakan di Potluck cafe awal bulan lalu. Yang membedakan penampilan
kali ini, selain lokasinya tetapi juga penontonnya. Jika di kedua acara
sebelumnya penonton yang datang memang bertujuan untuk menonton penampilan dari
para pengisi acara, tetapi kali ini saya bernyanyi untuk penonton yang datang
untuk berbelanja barang-barang elektronik. Walhasil saya bernyanyi sendirian
dengan orang yang lalu lalang kesana kemari tanpa peduli akan kehadiran saya.
Anehnya masih ada beberapa pengunjung yang menghentikan langkah mereka untuk sesaat
dan ‘rela’ menonton penampilan saya. Bahkan ada seorang yang sempat request, dan
meminta lagu dari Saybia. Karena saya tidak tahu liriknya, saya mengajak dia
untuk bernyanyi dan saya mengiringinya. Tetapi sayangnya dia menghindar.





Yang menjadi kelebihan pada penampilan kemarin,
adalah saya tidak diharuskan untuk berbicara setiap jeda lagu. Karena tugas
saya sebenarnya hanya mengisi jeda kekosongan. Jadi tidak ada yang namanya
basa-basi, setiap lagu usai, langsung saya sambung dengan lagu yang lain. Berbicara
di depan umum sudah menjadi kelemahan saya. Dalam dua panggung sebelumnya, hal
itulah yang selalu menjadi masalah bagi saya. Saya selalu tidak tahu harus
berbicara apa. Mau sedikit melucu takut garing, mau bercerita mengenai kisah di
balik lagu takut membosankan. Jadinya saya selalu canggung untuk berbicara
setiap jeda lagu.



Kemarin total saya bermain dalam tiga sesi
dimana masing-masing sesinya berlangsung kurang lebih 15 menit. Untuk itu
sebelumnya saya sudah menyiapkan lagu cukup banyak. Karena saya tipe orang yang
tidak hafal lirik, jadi saya mengeprint terlebih dahulu semua lirik lagu yang
akan dimainkan. Total ada 20 lagu yang saya siapkan. Tetapi ada beberapa lagu
yang tidak sempat saya mainkan. Ini adalah listnya dalam urutan acak :





1. In My Life - The Beatles



2. Across The Universe -The Beatles



3. You've Got To Hide Your Love Away - The
Beatles



4. I Will - The Beatles



5. Place To Be - Nick Drake



6. Northern Sky - Nick Drake



7. I'll Be Your Mirror- The Velvet Underground



8. These Day - Nico



9. North Marine Drive - Ben Watt



10. Say Yes - Elliot Smith



11. Girlfriend in Coma - The Smiths



12. You're Gonna Make Me Lonesome When You Go
- Bob Dylan



13. New Slang - The Shins



14. Devoted To You - The Everly Brothers



15. America - Simon & Garfunkel



16. You Are So Beautiful - Joe Cocker



17. Close To You - The Carpenters



18. Annie Songs - John Denver



19. Jennifer Juniper - Donovan



20. Street of London - Ralph Mactell



 



22 comments:

  1. Haha.. Ada America! Harus dimainkan di depan saya tuh..

    ReplyDelete
  2. you're gonna make me lonesome when you go versi siapa dim? versi bob dylan ga enak. haha...

    ReplyDelete
  3. emang dah...lo sejatinya bak seorang nick drake..

    ReplyDelete
  4. atau nick east...atau randy west...atau peter north..atau dimas south hehehe

    ReplyDelete
  5. emang itu lagu buat lo lix..kemaren sebelum mulai maen lagu itu, gw ngomong "Hey Felix, where are you?This is your song" :P

    ReplyDelete
  6. versi ben watt dong..secara versi bob dylan gw belum denger..hehe..

    ReplyDelete
  7. gw lebih prefer ron jeremy Ga..legend tuh orang..hahaha....

    ReplyDelete
  8. aduh kyknya saya kurang pantas dibandingkan dengan seorang nick drake..mungkin leo kristi lebih tepat :P

    ReplyDelete
  9. Cakep Dim, besok2 lagu the Beatles aja 20-20nya!

    ReplyDelete
  10. versi madeleine peyroux juga enak loh. dia juga nyanyiin ulang lagunya eliott smith, dan (menurut saya) enak juga.. hehe..

    ReplyDelete
  11. wah, gue langsung download Northern Sky-nya Nick Drake. ternyata lumayan juga. btw, I Will kan lumayan susah Dim. progresi kordnya lumayan banyak dan agak2 tidak terpola. gue gak pernah bisa nyanyiin dengan baik (sambil main gitar) soalnya, hehehe :)

    ReplyDelete
  12. wah sudah mendownload northern sky..mending denger satu albumnya yang judulnya byter lyter..

    sebenrnya gw gak tau sih an kord i willnya bener apa gak..versi gw aja..hehe...

    ReplyDelete
  13. hey. jd inget akustik klub jaman TRL dulu. lu nyanyi juga dulu tuh.

    gue juga baru nyadar belakngan kl gue sangat cinta nyanyi sambil berakustik gitar saja. just like you do.

    kapan2 bagi2 job dong ehehehe (buntutnya ga enak..)

    ReplyDelete
  14. iya kyk acustic club jaman dulu, cuma bedanya dulu org serius aja nontonnya bukan belanja kyk di btc..hehe...

    kyknya situ deh yg punya byk job...boleh nih dibagi..:P

    ReplyDelete
  15. hebat bgt sih tetangga gw ini.. gw jadi bangga bs main sama lo dim..! hehe..

    ReplyDelete