Monday, October 2, 2006

Paris

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Pop
Artist:Paris Hilton
Kini lengkaplah sudah semua syarat yang menjadikan Paris Hilton sebagai seorang ikon penting dari budaya pop di abad 21 ini. Ia mempunyai acara televisi, menjadi seorang model, menulis buku, bintang iklan, bermain film baik itu “independen” ataupun produksi Hollywood dan kini menjadi seorang penyanyi yang baru saja merilis album debutnya. Seorang Paris Hilton mengeluarkan album rekaman? Pasti banyak orang akan menyangsikan kualitas albumnya tersebut. Mengingat masih berlimpahnya warisan dari kakek buyutnya Conrad Hilton, yang membuat Paris bisa melakukan dan memiliki segala hal di dunia ini, termasuk juga bisa membuat album rekaman dengan begitu mudahnya, terlebih disaat ribuan orang di dunia ini yang jauh lebih berbakat darinya bersusah payah untuk bisa menghasilkan sebuah album.

Tetapi sungguh tidak adil jika kita sudah lebih dulu mencap negatif album ini sebelum mendengarkannya. Menurut saya materi di album ini tidak sebegitu buruknya. Walaupun juga tidak bisa dibilang bagus. Mungkin akan lebih bijak jika menyebut album ini sebagai album yang lumayan. Yang pasti album ini adalah album yang memang sepatutnya dibuat oleh seorang gadis pirang yang populer, selalu terlihat dangkal, hanya suka berpesta dan sering terlibat affair dengan banyak pria. Kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang mengagumkan terjadi dalam album ini. Jika kita ingin mendengar album pop dengan kualitas vokal di atas rata-rata, saya meyarankan dengarlah album Christina Aguilera. Jika ingin mendengar album dengan lirik cerdas, lebih baik mendengar album Bob Dylan ataupun Morrisey.

Kita tidak bisa menyalahkan disaat Paris menyanyikan lirik “Everytime I turn around the boys fightin over me / Everytime I step out the house they want to fight over me / Maybe cuz im hot to death and im so so so sexy” pada lagu “Fighting Over Me” Kita juga bisa memaklumi disaat Paris berkata “Everybody's looking at me / But it's alright / I like attention / The clubs not hot until I walk through / They stop and stare and watch me move” di lagu “Turn You On” Toh yang bernyanyi dalam album ini adalah Paris Hilton, yang kehidupannya memang sarat akan muatan hedonisme yang tinggi.

Pemilihan singel pertama “Stars Are Blind” adalah pilihan yang tepat. Lagu ini terasa menyegarkan dengan melodinya yang ramah di telinga, walaupun nuansa lagu secara keseluruhan mengingatkan saya akan kejayaan UB40 di pertengahan tahun 90an. Lagu yang juga cukup ramah di telinga adalah “Heartbeat” yang kali ini mengingatkan saya pada sebuah lagu lawas milik Cyndi Lauper yang berjudul “Time After Time”

Lagu-lagu lainnya dalam album ini memang tipikal lagu-lagu Bubblegum Pop yang diusung oleh banyak penyanyi pop wanita dewasa ini, seperti Hillary Duff ataupun Lindsey Lohan. Tetapi yang menjadikan album ini menjadi lebih istimewa karena album ini adalah penggambaran yang jujur dan apa adanya dari kehidupan seorang pesohor kelas dunia bernama Paris Hilton. Dia tidak berusaha menjadi cerdas dan berharap mendapat review album dengan nilai diatas 7.0 di Pitchforkmedia. Citra Paris Hilton dalam album ini tetaplah sebagai Paris Hilton yang selama ini kita lihat di berbagai media lengkap dengan segala kisah kontroversialnya yang sering mengundang caci maki banyak orang. Mungkin Paris sendiri sudah cukup kebal terhadap pendapat miring mengenai dirinya. Begitu juga terhadap banyaknya review negatif mengenai debut albumnya ini. Lagipula seburuk apapun review mengenai albumnya, Paris masih akan selalu berkata “That’s Hottt”, dengan senyuman yang menggoda.







22 comments:

  1. Dim, udah baca Rolling Stone bulan ini? ada interview Paris Hilton. dan itu keren. banyak pertanyaan2 di review ini ada jawabnya disana. misalnya, Paris pernah bilang, karena dia sudah memiliki semuanya dari acara tv sampai buku dll, dia udah gak perlu lagi warisan dari kakek buyutnya itu lagi. dan bahwa sindiran miring dari orang-orang ternyata bisa membuatnya down (waktu itu dia diliatin sebuah website yg memberi komentar negatif tentang dia). dan banyak lagi :)

    anyway, gue lagi suka-sukanya nih sama Nothing In This World. haha. dan buat saya suara Paris lumayan kok. dibandingkan Hillary Duff atau Lindsay Lohan, masih enakan Paris. masih terasa seksinya... haha. :)

    ReplyDelete
  2. gw suka lagu stars are blind. tapi gatau kenapa di radio gw gak diputer. heheh.. tiap kali ada tg rikues juga ngga. huhu..

    ReplyDelete
  3. astaga covernya...*save as, simpen buat abis maghrib*

    ReplyDelete
  4. sekalian ke youtube, rez. cari videoklip stars are blind. seger tuh sambil makan es buah pas buka puasa :D

    ReplyDelete
  5. ah tanggung. videonya yang bareng rick solomon aja sekalian.

    ReplyDelete
  6. dicari: paris hilton hasil obrak-abrik banksy dan danger mouse!

    ReplyDelete
  7. yang menarik dari Paris Hilton adalah bagaimana dia bisa membuat image dumb-blonde-spoiled-rich-brat nya menjadi suatu komoditi dagang yang menghasilkan laba jutaan dollar. Sepertinya dia memang sengaja bertingkah laku (pura-pura) bodoh ya?huhuhuhuhu

    Gue setuju sama An, suara Paris masih mending daripada Hillary Duff (apalagi kalo lo nonton filmnya Hillary Duff yg tentang dia jd murid sekolah musik...ihhhh pas nyanyi suaranya screeching ky daun pintu karatan, bikin sakit gigi deh), dan single Stars are blind menurut gue gak nista kok, cukup easy listening dan kalo didengerin bisa jadi guilty pleasure yg membuat kita ikutan sing along.

    ReplyDelete
  8. iya, menurut gue juga begitu kok, meskipun dari sisi vocal paris tuh pas-pasan tapi cocok sama karakter musiknya.

    ReplyDelete
  9. ketolong sama desahannya yg maut, man! uhuhuhuhu

    ReplyDelete
  10. dan kualitas mixing yang juara. dia punya duit, kan... ;)

    ReplyDelete
  11. yang gue baru tau, kalo artis penyanyi luar yang punya duit biasanya ngasih materi kasar ke beberapa engineer top buat di mixing, nah dari situ tinggal pilih aja mana yang paling cocok sama produsernya tapi semua engineer itu dibayar full meskipun masternya gak dipake, gokil ya. gue pernah dapet britney spears yg mixing-nya beda sama albumnya.

    ReplyDelete
  12. belum baca an..ntar deh gw beli..

    iya utk suara emg lebih enak paris sih dengernya..tapi ga tau juga tuh dia pake auto tune apa ga..hehehe....

    ReplyDelete
  13. lho kenapa nik? kebijakan dr jkt yah?

    ReplyDelete
  14. hehehe..gw jd inget film itu gw simpen dimana yah? udh gw back up, lupa naro..huhu..

    ReplyDelete
  15. susah yah pir..hrs nyari di ebay..harganya jd brp tuh?

    ReplyDelete
  16. iya paris nyadar banget, dia itu merupakan sebuah produk yang sangat potensial untuk bisa dijual dan menghasilkan jutaan dollar...emg udh turunan jg kl yah insting bisnisnya..hehe

    ReplyDelete
  17. dimana mana uang selalu berbicara terakhir..huhu..

    ReplyDelete
  18. waduh, gue aja kemarin ikutan workshop Logic Pro 7 sampe takjub ngeliat suara cowok bisa diubah jadi suara cewek. now do the math, dude. hehehe... :D

    ReplyDelete
  19. eh, gue kemarin2 ini nonton semacam documentary-nya Paris Hilton di fashion tv..trus ada tuh rekaman yg si Paris diwawancara Rolling Stone Indonesia. Gue paling kocak pas ngeliat dia sama produser atau songmaker album dia lagi rekaman...dua2nya pake kacamata hitam di dalam ruang take, trus yg Paris-nya tampil banget, dengan baju seksi dsb..sambil rekaman, entourage banyak banget, model hip hop boys dengan bling2 yg kepalanya nganggut2 terus. Kapan ya bisa rekaman sambil tetep tampil ky gitu huhuhu adanya kepala udah mumet duluan mikirin lagunya mau dibikin ky gimana lagi

    ReplyDelete
  20. wuih..keren amat..logic pro itu semodel kyk nuendo, pro tools atau radar yah? bagusan mana an?

    ReplyDelete
  21. krn paris udh tau kl mau ada syuting..maka dr itu dia tampil...hehe..

    ReplyDelete
  22. yep. lebih mirip kayak pro tools tapi dengan ribuan plugin, huhuhu. bagusan mana? itu tergantung engineernya. yang ini (logic pro) lumayan gampang pengoperasiannya, namun dapat menghasilkan kualitas yang canggih.

    ReplyDelete