Sunday, October 5, 2008

Selayang Pandang Mengenai Kamera Fujica M1




Beberapa waktu lalu, saya diminta oleh fotografer asal Amerika Serikat Nic Nichols untuk mereview kamera Fujica M1 untuk sitenya fourdarkcorners, yang banyak membahas mengenai toy camera.

Untuk bahan review, saya pun googling untuk mencari tahu lebih banyak info mengenai kamera yang terbuat dari plastik dan berharga murah ini, yang mungkin bisa dikatakan sebagai toy camera seperti Holga, Diana dan banyak kamera plastik lainnya yang diangkat derajatnya oleh Lomography Society International.

Dan ternyata informasi mengenai kamera ini sangat sulit. Dari sebuah forum fotografi lokal, saya hanya mendapatkan sedikit informasi bahwa kamera Fujica M1 ini diproduksi tahun 80an. Penjualannya juga sempat booming di kala itu. Awalnya harga kamera ini 15.000 rupiah dan hanya mengeluarkan satu jenis warna, yaitu hitam. Di bawah ini adalah iklan cetak kamera Fujica M1 di awal-awal peredarannya.

Photobucket

Namun setelah Maya Rumantir menjadi bintang iklan kamera ini, harganya naik menjadi 25.000 rupiah dan modelnya ada berbagai warna, seperti merah, biru dan hijau. Ini adalah contoh iklannya sewaktu Fujica M1 memproduksi tipe warna-warninya.

Photobucket

Lalu di sebuah website berbahasa Perancis, saya menemukan kamera Fujica dengan tipe MA-1 yang mempunyai bentuk fisik sama persis dengan Fujica M1.

Photobucket

Ketika saya ketik Fujica MA-1 di google, ternyata informasi yang saya dapatkan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan informasi mengenai tipe M1. Sampai akhirnya, saya menemukan sebuah website lokal yang membuka tabir misteri dari kamera ini. Di website itu tertulis,

“Kini, Honoris Industry, dengan yakin, menitikberatkan pemasaran produk kameranya ke luar negeri. ''Menciptakan barang harus sekaligus membuka kemungkinan pasar,'' ujar sang presiden direktur. Kamera buatan Indonesia itu, Fujica MA-1, mulai unggul di pasar internasional. Pada 1984, ekspornya mencapai 140 ribu unit, 58% jatuh di Prancis.”

Ternyata kamera plastik ini diproduksi oleh PT. Honoris Industry, sebuah sub perusahaan dari PT. Modern Photo Tbk yang telah menjadi distributor tunggal di Indonesia dari Fuji Film Jepang semenjak tahun 1971.

Dari pabrik PT Honoris Industry yang terletak di Bekasi inilah konon Indonesia memproduksi kamera filmnya yang pertama, dan kamera pertama buatan Indonesia itu adalah Fujica MA-1/M1. PT Honoris hanya membayar royalti kepada Fuji Film dan mereka pun bebas untuk menjual kamera produksinya sendiri ke seluruh dunia.

Jadi Fujica tipe MA-1 hanya sekedar nama lain dari Fujica M1 yang beredar di beberapa negera, seperti Jepang dan Perancis. Sedangkan tipe M1 hanya diedarkan di Indonesia.

Fakta tersebut juga yang akhirnya menjawab pertanyaan mengapa kamera Fujica M1 ini begitu mudah untuk ditemui di berbagai pasar loak di Indonesia. Saya juga membeli kamera ini dari pasar loak dengan harga yang murah dan bagi yang belum melihat, hasil roll pertama saya dengan fujica M1 ini pernah saya posting disini.

Saya bangga dengan fakta bahwa Fujica M1 adalah buatan Indonesia. Setidaknya jika China mempunyai Holga dan Diana, Indonesia mempunyai Fujica M1 yang keberadaannya kameranya kini menjadi cult diantara para lomographer dan penggemar toy camera.

Dan foto-foto berikut adalah beberapa hasil dari roll film Ilford Delta 3200 dan Lomo X-Pro yang saya habiskan dengan kamera Fujica M1 yang dalam satu atau dua bulan terakhir ini, selalu saya bawa berpergian kemana saja.

Oh iya, untuk review Fujica M1 yang saya tulis di website fourdarkcorners, bisa dilihat disini.

86 comments:

  1. wah...
    buatan indonesia ya dim...
    kita jadiin kamera resminya lomonesia bisa nih kali ya...

    ReplyDelete
  2. iya gue inget dulu waktu msh kecil..gue dmen bgt mencet2 tombol ijonya..., lumayan bandel nih mainan...tp gue br tau nama kameranya skr stelah baca tulisan lu..

    ReplyDelete
  3. wah...punya gw belom dipake dim, hihi penasaran jadinya!

    ReplyDelete
  4. Thank u for sharing. Nice article and very beautiful shots u have there...

    ReplyDelete
  5. wartawan asli nih....bs bikin rasa seneng stelah tau faktanya thats the nicest part, jd pgn nyari nih apalagi yg warna lain...berarti dulu indonesia prnh ada jama keemasan fotografi ya, era kamera aneh2 masuk dan beredar

    ReplyDelete
  6. cool... kayaknya gw jg ada deh kamera ini.. made in indonesia... nice..

    ReplyDelete
  7. dulu gue juga pake ini. patungan sama ade gue belinya

    ReplyDelete
  8. hihi dim gue yang terbayang malah bukan cameranya tp gimana cara ngedit karakter warnanya si fujica ini.. x)

    ReplyDelete
  9. kamera sudah oke, didukung oleh film-film berkualitas, lengkaplah sudah, Dimas.
    hehe..

    ReplyDelete
  10. keren nih. harganya masih 25ribu kah mas? heheheh

    ReplyDelete
  11. thx atas infonya... hebat pisan lah org indonesia...

    ReplyDelete
  12. kamera warna gaya remaja..ckckckckck.. indonesia memang nih!! keren!

    ReplyDelete
  13. dims,review lo di fourdarkcorners itu submit ke lomography.com deh.. tar mendapatkan hadiah yang menarik..hihi..ayyooo!!

    ReplyDelete
  14. iya lumayan bandel emang kameranya. yang sekarang beredar di loak-loak juga hampir semuanya masih dalam kondisi yang bagus. yang paling sering bermasalah, cuma tutup belakangnya aja yang sering dol.

    ReplyDelete
  15. cobain pake redscale sat kl udh ada barangnya.

    ReplyDelete
  16. iya yah sepertinya. di toko-toko foto jadul di kota-kota kecil di indonesia pasti masih banyak tersimpan harta karun yang menunggu untuk ditemukan..haha

    ReplyDelete
  17. coba dilihat di gudang rumah lo. siapa tau masih tersimpan dengan rapi di dalam box..hehe

    ReplyDelete
  18. haha..gak lah lca kayaknya bukan tandingannya si fujica m1. tapi kalo holga 135 atau vivitar uw&s boleh lah diadu. :D

    ReplyDelete
  19. maksudnya ngedit karakter warna di foto biar kayak karakter si fujica?

    ReplyDelete
  20. tinggal ditambah keberuntungan juga, ber..kalo untuk mengoperasikan toy camera, gw lebih percaya keberuntungan daripada skill..haha

    ReplyDelete
  21. kalo yang baru sih kayaknya udah gak ada yang jual. kalo yang secondnya harganya variatif, tergantung kondisi

    ReplyDelete
  22. wahhh..elo ada nih iklannya..hehe..thanks ya..resolusinya lumayan lagi. elo sendiri nih yang ngescan langsung? dari majalah apa?

    ReplyDelete
  23. bukan, di..ini pake aksesoris gitu, gak tau sebenernya itu buat apa, tapi yang pasti bukan buat kamera. aksesorisnya gw taro aja di depan lensa, jadinya gini..hehe..

    ReplyDelete
  24. wow. beneran dapet hadiah? gw udah lama banget gak buka-buka lomography.com. tapi kan kameranya bukan keluaran LSI. emang bisa?

    ReplyDelete
  25. he-eh dim maksudnya jd kayak si foto hasil fujica ini, hihi trims loh jd referensi...

    ReplyDelete
  26. hehehe..sama sama! iya ada di album lama gt,sengaja disimpen abis lucu..hehe..iya gw langsung scan pas baca postingan ini..hehe..

    ReplyDelete
  27. bang sat dapet di jogja kan ya?harganya segituan..second tapi :P

    ReplyDelete
  28. kalo gitu, jangan nyamain karakter fujica m1 ini lah, fi karena ntar karakter digital imaging ala fififurfairy nya jadi ilang :D

    ReplyDelete
  29. iya, yang waktu itu kita kesana bareng. harganya 1 dollar lebih dikit..hehe..

    ReplyDelete
  30. bisa bgt dim..skrg justru kita yg ngenalin kamera baru ke mereka..hehehee..seruuuuu..hahaha

    ReplyDelete
  31. asiiikkk artikel menarik nihhhh.... saatnyaa memakain 2 kamera fujica saya yang berwarna merah dan biruuu hihuhuhuhuhuhuhuhu

    ReplyDelete
  32. wah keren artikel nya, saya juga punya soale, tapi blm ada yg keren... :)

    ReplyDelete
  33. oh...sekarang gitu ya..berarti aman dong yah..hehe..mungkin mereka (LSI) sekaligus mencari tahu kamera menarik apa lagi yang selanjutnya akan mereka beli lisensinya. hahaha..

    ReplyDelete
  34. ih..ngiri...buat saya satu deh, ndha :p

    ReplyDelete
  35. terima kasih...ayo dipake lagi kameranya. cintai produk dalam negeri. hehe

    ReplyDelete
  36. *sudah diupdate iklan fujica berwarna yang dibintangi maya rumantir. sempet gak ngenalin itu maya rumantir, karena dia masih sangat muda di iklan itu. tapi dilihat dari lesung pipitnya, kayaknya itu dia. hehe..

    thanks to yudis untuk scannya :D

    ReplyDelete
  37. nic nichols asked you?....wuhuuuuuuuuuu.....congrats mate...

    ReplyDelete
  38. Hihihihihi..... sayah juga punya dua nih! Tapi hasilnya ngga sebagus anda bung Dimas....!!!

    ReplyDelete
  39. mas dah nonton my blueberry nights kan...sekilas jude law mirip elo disitu....cieeeeeee...dimas = jude law....hehehe...

    ReplyDelete
  40. dijual satu gak? : )
    seru bgt ni kamera kayanya huhu

    ReplyDelete
  41. dijual satu gak? : )
    seru bgt ni kamera kayanya huhu

    ReplyDelete
  42. didjitalsin: iya, dia pas liat hasil fujica di flickr gw langsung minta gw ngereview. dia nyari fujica di ebay, gak dapet-dapet. jual aja apa ke dia?heheh

    caukulutuk: punya lo warna-warni gak, pank? susah banget euy nyari yang color. mungkin elo blm pake slide kali, pank. dicoba deh pake slide.

    bojay: hahahah..akhirnya ada yang nyadar juga..makasi banget lho bojay :p gw traktir deh lo..heuhehue

    ReplyDelete
  43. hwaaa.
    punya saya brarti yang keluaran pertamanya nih..
    yang item..
    hahah

    tulisan yang mantapp nih mas!

    ReplyDelete
  44. haheeyyyy saya baru dapet fujica ma-1 pak :D
    yahut!

    ReplyDelete
  45. yoi..tapi yang warna tetep yang paling langka. hehe..kalo di surabaya ketemu yang warna, bilang-bilang yah. hehe..

    thanks, bom :D

    ReplyDelete
  46. wuih..mantep. langsung dipadukan dengan film slide..hehe

    ReplyDelete
  47. mas.. ini keren banget yah... kamera nya ga ada yang jual lagi yah...damn keren...bisa multi exposure juga yah...beli dimana yahhh.... thanks...

    ReplyDelete
  48. ternyata bapak saya punyaaa!! hehehe... salam kenal mas, nyasar gara2 penasaran ngeliat kamera2 jadul punya ayah saya. slain fujica m1, ada lagi minolta dan canon :)

    ReplyDelete
  49. weh, ternyata kamera yg selalu gw pajang di kamar keren juga! nemuni harta karun nih. :P

    (tapi kayanya harus di servis deh, soalny ngga mau nyala gitu flashnya.. ada solusi?)

    ReplyDelete
  50. setau saya sih sudah tidak ada yang jual baru lagi. coba cari di beberapa pasar loak deh.

    kamera ini gak ada feature multi exposure. paling dimodif kalo mau.

    ReplyDelete
  51. jangan dipajang aja, ayo segera digunakan.hehe..

    yang rusak maksudnya tempat menaruh flashnya? soalnya kamera ini kan tidak ada flashnya. adanya hot shoe, tempat menaruh flash.

    ReplyDelete
  52. waaa, tambah smangat nih gw..

    ga ada flash nya gitu? tapi yg saya ada flashnya.. tepat di atasnya. nah loh.
    btw hot shoe apa ya?

    ReplyDelete
  53. waah tambah smangat nih. :)

    emang ga ada flashnya gitu? tapi yang saya ada flashnya loh.
    btw hot shoe apa ya? ^^

    ReplyDelete
  54. waduh slidenya jarang pak..haha..sementara pake film expired dulu deh... :D

    ReplyDelete
  55. susah juga hunting ni kmera...huff!
    produk dlm negri nih...

    ReplyDelete
  56. gw punya nie kamera tapi jarang gw pake'. fujica m1 termasuk kamera Lomo gak iia..?

    ReplyDelete
  57. hehe..neh kamera punya nilai historis buat gw..pertama kali kenal sm fotografi dr kamera ini kenalannya wkt sd dikasih sama nyokap sampe sekarang msh ada..thx for review nya..

    ReplyDelete
  58. mau nanya?
    dimana ak bisa dapatkan kamera fujica M-1...
    susah sekali di smrng cari kamera ini?

    ReplyDelete
  59. mas..aku punya satu...bingung...batrenya diisi dmn nya..?

    ReplyDelete
  60. huwaaa..aku ternyata menemukan harta karuun...thx infonya ya mass..
    aku punya kamera FUJICA M1...warisan ortukuu duluu..itupun setelah kucari2...ahirnya kutemukan..
    share postingannya ya masss...thx :D

    ReplyDelete
  61. aq nyari kamera fujica m1...spa yang jual..aq beli..hub aq 085725751904.adyt

    ReplyDelete
  62. sapa yang jual toycam... 4 lensa,hub aq085725751904,adyt

    ReplyDelete
  63. waah trimakasih infonya,,duh saya ketinggalan yah..
    kemarin oma saya mau buang2in itu kamera, karena bentuknya lucu warna putih gitu, ya saya ambil aja iseng2 buat pajangan..hehe
    kira2 kemana yah kl mau ngecek bahwa masih berfungsi atau nggaknya ni kamera?
    tengkyuu..

    ReplyDelete
  64. kalo mau beli isi film nya masi ada yang jual gak sih ?

    ReplyDelete
  65. seriiiusss nih ada yang jual isi filmny
    gak ? toko yang masih jual dimana ?

    ReplyDelete
  66. isi filmnya masih bisa dibeli dimana2 kok, di fuji image plaza masih ada, atau bisa ke istimewa foto, kebayoran lama 7204107..

    ReplyDelete
  67. @ satriaramadhan : haha oke oke thanks bgt yaa

    ReplyDelete
  68. om ane anak bandung juga boleh nanya2 ga tantang camera analog hehe salam kenal mtc tau ga ane tinggal di sono

    ReplyDelete
  69. iya bro itu disebabkan oleh tukang loak gak ngerti bukanya dan main paksa aja

    ReplyDelete