Wednesday, December 3, 2008

Bandung Pop Darlings (1994-2008)

Sudah hampir 15 tahun, scene musik independent di kota Bandung telah berjalan. Dalam perjalanannya begitu banyak band yang lahir, begitu pun lahirnya komunitas-komunitas musik yang tersebar di beberapa daerah di kota Bandung dan juga ramainya event-event musik yang dikemudian hari menjadi event-event bersejarah.

Melalui acara radio PopCircle edisi spesial Bandung Pop Darlings yang mengudara semalam, kami mencoba untuk menelusuri kembali scene musik era 90an hingga kini di kota Bandung khususnya untuk musik pop. Kami mengajak para pendengar untuk sejenak bernostalgia.

Di studio Rase FM, kami mengundang Alexandra J Wuisan, vokalis pertama dari band Cherry Bombshell. Ia bercerita panjang lebar mengenai awal karir bermusiknya bersama Cherry Bombshell, situasi scene musik Bandung di awal 90an, serta proses mencari refrensi musikal di era sebelum internet merambah masyarakat.

Selain itu, kami juga mengundang Eta band, salah satu band Bandung yang berkarir di pertengahan 90an. Mereka juga bercerita banyak mengenai perkembangan scene Bandung di jaman mereka.

Tidak hanya menghadirkan narasumber di studio, kami juga berbincang via telepon dengan Manik dari band Laluna dan juga Mawir, seorang scenester di jamannya. Mereka berdua juga membagi kisah-kisah nostalgia mengenai pergerakan musik di Bandung era 90an dan beragam komunitas musik yang muncul di jaman itu.

Para pendengar juga kami undang untuk membagikan kisahnya mengenai event-event musik yang paling berkesan yang pernah diselenggarakan di kota Bandung.

Semua kisah-kisah nostalgia itu bertambah lengkap dengan iringan playlist yang telah kami siapkan. Selama tiga jam penuh, kami memutarkan beragam band-band independent baik band-band yang namanya telah populer, band-band underated dan juga band-band baru yang semuanya itu turut meramaikan scene musik pop di kota Bandung selama ini.

Secara garis besar kami membagi playlist menjadi tiga bagian: sebelum tahun 1995, era 1995-2000, dan era 2000 hingga sekarang.

Materi-materi yang kami putar semalam juga cukup spesial. Semalam, kami banyak memutarkan lagu-lagu yang tidak pernah dirilis yang melingkupi radio sessions, live tracks, outtakes, bedroom & studio demos, dan juga covers version.

Sebenarnya playlist yang sudah kami siapkan cukup banyak, tapi karena terbatasnya waktu siaran, terpaksa ada beberapa lagu yang tidak jadi kami putar. Berikut ini adalah playlist yang diputar semalam:

1. RNRM - PLANKTON (FEAT. DMZ) : unreleased. materi untuk album selanjutnya.

2. CASCADE - THE HYPNOTIZER: unreleased. materi untuk ep yang akan dirilis awal tahun depan.

3. FRESH MILK - ORDINARY LIFE

4. ASTROLAB - FRAGILE THING BENEATH THE RAW: unreleased. b sides dari album The Blue Thread Saga.

5. DANCE OVER THE MUSIC - NONSENSE ADVICES

6. BABY EAT CRACKERS - KISH KISH

7. SUMMERY - BRIGHTEST STAR

8. BLEARY EYES – UNREQUITED

9. LASS – TRUTH

10. SHEATH - THE GREAT

11. MOCCA - SECRET ADMIRER: unreleased. alternate version dengan tambahan lirik bahasa Perancis.

12. PURE SATURDAY - DESIRE: live recording radio session GMR di tahun 1994, sebelum album pertama dirilis.

13. CHERRY BOMBSHELL - BACAR: unreleased. rough demo direkam melalui perangkat tascam. Alexandra yang menjadi vokal utamanya.

14. CHERRY BOMBSHELL - UNTITLED: unreleased. materi yang terbuang untuk album Waktu Hijau Dulu. belum ada judul. Widi yang menjadi vokal utamanya.

15. KUBIK - VANISHED: live recording radio session.

16. KAMEHAME - INSOMNIA

17. ETA - SEPI

18. GORGEOUS SMILE - BIRU SILAU: demo di awal karir mereka.

19. LA LUNA - WAJAH BARU: demo. unreleased. 

20. THE MILO - BROKE: rough demo. masih dinyanyikan oleh aji gergaji. sedangkan versi di album dinyanyikan oleh alvin dari teenage death star.

21. SOUL DELAY MIX – DESIRE: unreleased. materi untuk tribute to pure saturday yang tidak jadi dirilis.


PopCircle adalah program mingguan di Rase FM 102. 3, setiap rabu malam dari pukul 22.00 hingga pukul 1 dini hari, bersama Risa Saraswati dan Syauqy Lukman.

15 comments:

  1. sekarang bandung pop darling masih ada gak ya? kayaknya gak sebanyak tahun-tahun itu...

    ReplyDelete
  2. masih banyak sebenernya, man. tapi jarang ke expose gara-gara gigs di bandung juga sepi..

    ReplyDelete
  3. mau lagu nya souldelay song...boleh ga????hehehehe

    ReplyDelete
  4. langsung minta ama anak2nya aja..hehe..

    ReplyDelete
  5. wah.. gorgeous smile skarang kemana ya?
    gile.. masa muda banget tuh.. hueheheh..

    ReplyDelete
  6. jadi inget waktu gw masih smp dim hehehe,,,,,jd bernostalgia gt hehehe,,,, keren lah lo membawa progress yang cukup maju bwt pop circle dibanding pendahulu mu hehehehehe,,,,

    ReplyDelete
  7. salah satu personilnya sekarang membentuk souldelay

    ReplyDelete
  8. hehe..sama dong kita..jadi nostalgia smp..

    yang dulu udah bagus juga kok. sekarang gw tinggal nerusin aja. :D

    thank you, wisnu

    ReplyDelete
  9. oh, iya..lo beneran gak nonton lekman ntr? masih sakit ya?

    ReplyDelete
  10. hloo dimas gw mau lagunya Kamehame yang Insomnia donk sama ETA yang sepi boleh ngk??.... ETA masih ada ngk sih masih dengan The smiths morrisseynya ngk, solanya cumi punya lagunya yang dia cover the smiths semua.. ??

    ReplyDelete
  11. aku suka the milo !
    smp punya kaosnya hehe.

    kmnkah ya mereka?

    ReplyDelete
  12. hai cum..

    bisa, gampang lah ntr..hehe

    materi Eta yang sekarang-sekarang, katanya udah gak terlalu the smiths. lebih ngerock katanya. tapi kemaren pas siaran, mereka tetep kita todong suruh nyanyiin salah satu lagu the smiths..hehe

    ReplyDelete
  13. masih aktif kok, dit. belakangan ini, mereka kan sering manggung lagi. album keduanya juga akan dirilis.

    ReplyDelete