Friday, November 6, 2009

Bukan Kakus, Bukan Jamban, Inilah Sang Fenomenal: Kaskus

Tanggal 6 November 2009 forum online terbesar milik negeri ini merayakan hari lahirnya yang kesepuluh. Berarti hari ini para juragan dan bro serta sis untuk pertamax kalinya menginjak usia dua digit.

Mengenai sejarah kaskus atau fenomena kepopuleran gambar-gambar dan berbagai istilah ajaib lainnya di Kaskus tidak akan saya bahas disini. Kalian mungkin lebih banyak tau dari saya atau yang belum tau bisa baca selengkapnya di tautan ini.

Yang saya ingin bahas adalah betapa hebatnya kekuatan forum ini. Dengan jumlah anggotanya yang lebih dari satu juta orang, suara para kaskuser sudah pasti sangat nyaring bunyinya di jagat internet ini.

Contoh kasus, jika kita ada hal yang ingin dibagi di sebuah thread di kaskus dan menurut para kaskuser itu menarik, tidak sampai hitungan jam maka apa yang kita bagi tersebut bisa menjadi hot thread yang akan terpasang di halaman utama kaskus.

Selanjutnya, tinggal tunggu saja hal yang tadi kita bagi di thread kaskus akan tersebar di samudera maya yang maha luas.

Sementara itu - mengingat kenyaringan suara mereka- sebaiknya kita menghindari konflik dengan para kaskuser (yang sebenarnya identitas sebenarnya banyak yang anonimus) Contoh paling dekat adalah kasus  Evan si mantan Brimob.



Pada thread di atas, tercatat tanggal 4 November 2009 pukul 22.56, kaskuser yang bernama rifqiar membuat thread berjudul Polisi Gak Butuh Rakyat dengan menampilkan capture gambar Facebook Evan. Disini nama Evan belum disebut-disebut. Dan tidak sampai 24 jam setelah itu, Evan pun menjadi selebritis baru di internet.

Oh iya, tapi saya tidak tahu pasti apakah thread tersebut yang pertama kali memuat berita Evan atau hanya repost. Karena banyak sekali thread di kaskus di hari itu yang memuat mengenai Evan. Namun dari kasus Evan itu, bisa jadi salah satu contoh kecil betapa besarnya suara kaskuser di masyarakat Indonesia.

Saya sendiri telah mendaftarkan diri menjadi anggota kaskus sekitar dua tahun yang lalu. Namun saya termasuk anggota yang tidak aktif. hehe..Pernah juga saya mengikuti sebuah thread yang khusus membahas kamera plastik. Namun itu juga sesekali saja saya mengikuti. Namun di thread itu juga, saya akhirnya melakukan transaksi pembelian di kaskus untuk pertamax kalinya. Yang saya beli adalah sebuah kamera bernama Wai Wai yang memang selama ini saya cari.

Selain itu, saya baru ngaskus jika ada keperluan saja. :p

Contohnya, beberapa waktu lalu ibu saya ingin menjual beberapa anak anjing secara cepat. Dan satu-satunya yang terpikir oleh saya dengan menaruh iklannya di FJB (Forum Jual Beli) Kaskus. Dan benar saja, pagi hari saya pasang iklannya, siangnya ponsel ibu saya langsung dibanjiri sms dan telepon dari para peminat.

Pernah juga, suatu waktu saya iseng menjual kamera polaroid saya. Tidak butuh waktu lama, kamera tersebut akhirnya terjual. Saya pun mengumumkan bahwa kamera ini telah laku. Namun yang cukup menganggu, sms dan telepon yang menanyakan soal kamera polaroid saya itu masih terus ada hingga detik ini. (yang kalau dihitung-hitung sudah lebih dari setahun semenjak kamera polaroid saya itu terjual di FJB Kaskus)

FJB Kaskus ini memang menarik sekali jika ditelusuri. Sepertinya FJB juga yang menjadi salah satu kekuatan dari Kaskus.

Menarik karena barang-barang atau apapun itu yang dijual sangat beraneka ragam. Mulai dari produk sehari-hari, jasa maupun hal-hal supranatural pun ternyata diperdagangkan disini. Beberapa contoh menarik dari FJB Kaskus ini akan ada dalam terbitan Still Loving Youth edisi tiga. Tunggu saja ;) *promo dikit*

Saya pernah mendapat info dari seorang teman, bahwa ternyata banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada FJB Kaskus. Mereka tidak punya pekerjaan lain selain berjualan dalam forum ini.  CMIIW. Kalau fakta itu benar, jadi secara tidak langsung, Kaskus telah sedikit membantu meminimalisir tingkat pengangguran di Indonesia. :D

Andrew Darwis beserta dua rekannya pendiri Kaskus pasti tidak akan pernah menyangka forum yang mereka buat -yang konon awalnya hanya sebagai forum antar kawan sesama penggemar game online- bisa meluas seperti sekarang ini.

Di usianya yang kesepuluh, Kaskus pun tidak hanya sekedar forum online pada umumnya, namun bisa dikatakan sudah menjadi salah satu bagian dari budaya Indonesia. Dan siapa tau, suatu hari nanti tanggal 6 November dicanangkan sebagai hari Kaskus Nasional? Mungkin saja ;)

19 comments:

  1. sebagian besar kaos gue sekarang gue beli dari FJB. lama-lama gue gak butuh toko nyata buat beli barang *lebaaaayy*
    hidup kaskus dan kaskuseeerrrr!!!!

    id: restythestar

    ReplyDelete
  2. ijin nyimak, gan! :beer

    nais posting punya neh dari agan, Dimas.
    Sori belum bisa kasih ijo-ijo, gan! :malu:

    belum ISO punya neh. :ilovekaskus
    Add saya jadi teman agan disitu ya.. :cendolbig:

    ReplyDelete
  3. perkakas musik saya kebanyakan beli di kaskus.. hahah..
    pokonya kaskus berjasa dalam dunia permusikan saya lah.. :p

    ReplyDelete
  4. Saya anak gak aktif kaskus nih gan.. Asal punya aja, buat liat2..

    ReplyDelete
  5. haha..pake emoticon khas kaskus dong, gan biar lebih sahih :))

    ReplyDelete
  6. oh iya, terpercaya juga kaskus untuk urusan alat musik ya. hebat bener deh. hehe

    ReplyDelete
  7. kebayang gak lo, kaskuser yang aktif aja banyak banget. apalagi yang gak aktif. krezi

    ReplyDelete
  8. sbenernya gak kebanyakan sih.. wong cuman ada 2 doang.. hahah.. :p

    ReplyDelete
  9. eh dims, pertamax itu apa sih? gue pikir tadinya bahasa 4L4y :p

    ReplyDelete
  10. jangan ada pertamax di antara kita. :army:

    ReplyDelete
  11. Saya juga sekali-kali sih ngeliat kaskus. Kalo di kantor, kaskus suka dibuka supaya ada bahan buat siaran :p Banyak info menarik disitu, penting dan gak penting heheh. Tapi, saya ngga aktif sih ya.

    ReplyDelete
  12. sama, van. gw login dua bulan sekali lah. newbie banget jadinya :D

    ReplyDelete
  13. haha..kata pertamax kurang kompleks, dit untuk bahasa alay. definisinya bisa dilihat di link wikipedia tentang kaskus.

    ReplyDelete
  14. @unprojected & @selectapop: makasi agan-agan sekalian :))

    ReplyDelete