Thursday, November 5, 2009

Digital Love

Kita semua sudah tahu bahwa dunia internet dapat membuat semua orang di dunia ini menjadi semakin dekat. Dengan membaca tulisan seseorang di blog misalnya, kita bisa merasa mengetahui sifat si penulis walaupun sama sekali belum pernah mengenal secara langsung. Atau dengan membaca tweet teman di twitter, kita bisa mengetahui teman kita sedang makan siang apa, walaupun ia berada ratusan kilometer dari kita.

Dunia internet juga sudah berjasa banyak menyatukan dua hati yang tadinya terpisah jauh menjadi semakin dekat. Internet juga yang berjasa untuk mendatangkan percikan rasa yang terdiri dari lima huruf itu untuk datang di hati penggunanya.

Hal itulah yang menjadi tema besar yang diangkat oleh Rase FM dalam bulan November ini. Melalui tajuk Lovember: All About Digital Love, Rase FM mencoba untuk merayakan salah satu pengaruh dunia digital sekarang ini dalam bentuknya yang paling humanis.

Oleh karena itu dalam siaran semalam, program Popcircle juga turut menampilkan tema Digital Love. Para pendengar kami minta untuk sharing via sms, menceritakan pengalaman mereka atau orang-orang yang mereka kenal yang pernah memiliki hubungan spesial dengan seseorang yang dikenal melalui internet.

Begitu banyak cerita yang terungkap semalam. Mulai dari bertemu pasangan di MIRC lalu menjalin hubungan percintaan selama lima tahun dan akan menikah bulan Desember ini sampai cerita seseorang yang sempat salah kira mengenai jenis kelamin dari orang yang dikenalnya melalui sebuah forum online.

Sharing pendengar dalam sesi pertama dari siaran Popcircle semalam ditutup dengan wawancara singkat via telepon dengan Arina dari band Mocca yang kini tengah menjalin hubungan spesial dengan warga negara Amerika Serikat yang dikenalnya melalui MySpace.

Arina yang memang ceplas ceplos, bercerita mengenai awal perkenalannya dengan kekasihnya, kebiasaan berkomunikasi mereka yang hanya melalui email hingga lagu-lagu yang diciptakan oleh kekasihnya sekarang ini yang banyak bernuansa positif.

Kekasih Arina yang bernama Cris Miller ini memang seorang musisi dan memiliki band yang bernama Silver Screen. Setelah wawancara selesai, kami pun memutarkan lagu Silver Screen yang menurut Arina lagu ini dibuat ketika Cris belum bertemu dirinya oleh karena itu lagunya masih bernuansa sangat galau.

Sesi kedua, kami beralih dari dunia internet ke dunia telepon genggam. Di sesi ini, kami meminta pendengar untuk memforward sms yang disimpan di ponsel mereka masing-masing. Kebiasaan menyimpan sms ini sebenarnya cukup lazim dilakukan banyak orang. Misalnya menyimpan sms pertama dari kekasih atau menyimpan sms lucu yang berkaitan dengan hari raya.

Yang kami terima semalam, banyak sekali sms-sms lucu. Baik itu yang berhubungan dengan hari raya maupun yang tidak. Namun juga ada sebuah sms yang tidak mengenakkan namun ternyata tetap disimpan oleh seorang pendengar kami. Sms itu berbunyi: "Re, kata2 gw yg tadi, gw sungguh2. G ush nelfon2 gw lg ya. Sosorry. Friends forever, dgn cara seaneh apapun. Takecare."

Begitulah kira-kira kilasan dari siaran Popcircle tanggal 5 November 2009 kemarin. Di bawah ini adalah playlist yang telah disiapkan dan yang diputar semalam:

1. DNA FEAT. SUZANNE VEGA - TOM'S DINNER

2. SANTA MONICA - THE BOY (REPRISE)

3. BEACH BOYS - GETCHA BACK

4. SNOW PATROL - JUST SAY YES

5. ASTRUD GILBERTO - HERE'S THE RAINY DAY (KOOP REMIX)

6. JAMIE LIDELL - ANOTHER DAY

7. RADIOMANILA - SAVING ALL MY LOVE FOR YOU (WHITNEY HOUSTON COVER)

8. LADY GAGA - VIVA LA VIDA (COLDPLAY COVER)

9. SHINICHI OSAWA Feat.AU REVOIR SIMONE - STAR GUITAR (CHEMICAL BROTHERS COVER)

10. A-HA - TAKE ON ME (THE TWELVES MIX)


11. ZOOT WOMAN - LONELY BY YOUR SIDE

12. SILVER SCREEN - SHE COUNTS THE RAIN


13. FEIST - I FEEL IT ALL (BRITT FROM SPOON REMIX)


14. THE WHITEST BOY ALIVE – INTENTIONS


15. PAPAS FRITAS - FAR FROM AN ANSWER


16. GRAHAM COXON - BITTERSWEET BUNDLE OF MISERY


17. CHANTAL KREVIAZUK - FAR AWAY


18. ADHITIA SOFYAN - BLUE SKY COLLAPSE


19. SUSANNA & THE MAGICAL ORCHESTRA – BELIEVER


20. BADLY DRAWN BOY - PROMISES

PopCircle adalah program mingguan di Rase FM 102. 3, setiap Kamis malam dari pukul 21.00 hingga pukul 00.00, bersama Risa Saraswati dan Syauqy Lukman. Untuk yang di luar Bandung, bisa mendengarkan streaming Popcircle via website
rasefm.com

7 comments:

  1. post di FB-nya popcircle dong pak prod

    ReplyDelete
  2. Ha untung kmarin gak angkat telp,ditulis lho acaranya di mp hahaa

    ReplyDelete
  3. haha..untung lo lagi masakin anais, dit ;)

    ReplyDelete
  4. dan diputar tepat menjelang tengah malam. :)

    ReplyDelete