Monday, November 2, 2009

Membuat Blog Baru

Sudah lama rasanya saya tidak menulis di kolom blog Multiply ini. Menulis disini dalam arti benar-benar menulis dan bercerita mengenai sesuatu hal yang saya pikirkan dan yang ingin saya sampaikan. Akhir-akhir ini, kolom blog Multiply saya biasanya hanya berisi tautan dari mix lagu yang saya buat ataupun berisi tulisan semi iklan dari pekerjaan saya. hehe..

Sebenarnya itu gak kenapa-kenapa juga sih. Wong ini blog pribadi, yah bebas saja mau menampilkan apa. Mau menampilkan berbagai macam tema, dari yang serius sampe guyonan juga bebas-bebas saja.

Tapi rasanya semakin kesini, saya jadi berpikir untuk lebih menyempitkan tema dari blog saya. istilahnya saya tertarik untuk membuat blog niche (blog dengan topik yang khusus). Alasan dasarnya sih agar lebih fokus saja. Dan secara tidak langsung juga semakin menantang saya untuk terus menulis dan mengupdate blog. hehe..

Walaupun jika diperhatikan, blog saya di Multiply ini sebagian besar isinya bertema musik. Tapi tetap saja, tema musik itu kadang muncul, kadang tidak. Tergantung mood saya juga. Mungkin akan berbeda jika saya memiliki blog khusus musik yang mau tidak mau membuat saya untuk terus menulis mengenai musik.

Oleh karena itu, bertepatan dengan hari blogger nasional pada tanggal 27 Oktober kemarin, saya membuat sebuah blog baru. Yah memang dipas-pasin buat blognya tanggal segitu. Mungkin lebih seperti momen yang tepat saja.

Blog baru saya ini adalah blog niche yang kebetulan mengambil tema berupa foto-foto harian yang saya ambil di jalanan. Bukan tema yang baru sebenarnya. Blog Nicetry sudah melakukan hal ini dan foto-fotonya sangat menarik dan ajaib-ajaib. Nicetray semakin kaya isinya karena juga partisipasi pembaca yang mengirimkan foto-foto aneh bin ajaib tersebut.

Adapun alasan saya membuat blog baru ini selain ingin membuat blog dengan tema khusus, juga karena sudah banyak foto-foto di ponsel saya yang tertumpuk begitu saja, tanpa tahu harus diapakan. Maka dari itu, blog baru saya ini menjadi medium yang tepat untuk foto-foto tersebut. Dan juga melalui blog ini, saya bisa bebas mengomentari dari apa yang saya lihat.

Oh iya, sebelum ini, bisa dikatakan saya juga 'memiliki' blog niche. Blog ini sebenarnya bukan milik saya. Saya hanya dihire untuk membuat serta terus mengupdate blog tersebut. Blog ini sebenarnya milik sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dengan spesialisasinya melalui teknologi laser.

Jadi apa yang saya tulis pada blog tersebut, berkisar mengenai hal-hal apa saja yang berkaitan dan tentunya yang dikerjakan oleh perusahaan tersebut. Untungnya apa yang dikerjakan dengan oleh mereka, masih dekat dengan dunia kreatif, seperti pengerjaan karya seni dari para desainer dan seniman atau memproduksi berbagai produk dengan desain-desain yang unik. Jadi karena itu, proses menulis untuk blog ini juga masih menyenangkan. Dan di blog ini mau tidak mau saya harus terus mengisinya. Karena jika tidak, nanti saya tidak mendapat gaji di akhir bulan. haha

Yang perlu dikhawatirkan adalah blog baru saya ini. Karena mau tidak diupdate maupun terus diupdate, saya tidak akan mendapatkan bayaran apapun. Jadi cukup riskan blog ini ditelantarkan suatu hari nanti. Walau begitu, bayaran yang saya dapat dengan menulis blog ini adalah kepuasan batin yang menurut saya nilainya melebihi nilai uang berapapun itu. *idealis mode on*

Mudah-mudahan blog baru ini masih dapat saya urus nantinya. Dan mudah-mudahan dengan blog ini, saya bisa memulai untuk membuat blog-blog niche lainnya. hehe..Walaupun untuk hal ini, rasanya terlalu mengada-mengada. Sehari waktu masih 24 jam, 6 jam sendiri dihabiskan untuk tidur. Jadi sisanya itu yang bisa dihabiskan untuk menulis blog. Belum lagi pekerjaan yang begitu menyita waktu. Jadi memang perlu keajaiban untuk dapat terus mengurusi beberapa blog sekaligus. :)

Yah, kita lihat saja nanti...

Anyway, ini alamat blog saya yang baru: http://streetsofyourtown.posterous.com/. Nama blognya saya ambil dari lagu The Go-Betweens.

Dan untuk blog perusahaan yang saya urus beberapa bulan belakangan ini, berikut alamatnya http://iroiro78.blogspot.com/ Perusahaannya bernama Gusto Sign.

Silahkan berkunjung, silahkan memberi komentar jika sempat.

Selamat membaca! :D

*PS: walaupun kini saya mempunyai area bermain yang baru, namun tetap saja saya masih merasa bahwa Multiply ini adalah rumah saya. Jadi biarkanlah Multiply ini menjadi 'tempat sampah' dari berbagai macam hal yang saya pikirkan dan alami, apapun itu bentuknya.

15 comments:

  1. Gue kangen banget sama Multiply gue. Sepanjang Oktober ini, praktis gue tidak menulis apapun di halamannya.

    ReplyDelete
  2. blog nya dah smp gue bookmark nihh.... gue ngakak baca yg crocs....hahha... deadly crocs that is... mantabbb...

    ReplyDelete
  3. Iya nih, kangen tulisan musiknya :D
    Saya suka Nick Drake, gara gara baca tulisan anda loh hehe

    ReplyDelete
  4. ayo dim tulis lagi yg banyak hehe.. banyak penikmatnya loh..

    ReplyDelete
  5. iya, lix. udah lama kayaknya. penggemar pelukislangit.multiply sudah mulai resah lho nunggunya. hehe..eh tp akhirnya nulis lagi kan yg jacko.

    ReplyDelete
  6. haha..kalo yg ryan untungnya masih polos-polos aja, walaupun masih berbentuk buaya :p

    ReplyDelete
  7. ah, dek ivan bisa aja ;)

    iya, van pengen sih buat blog musik juga. tapi ntar2 aja lah. masih sadar dgn kemampuan diri yg rendah utk bisa membagi waktu dan konsentrasi. heheh

    ReplyDelete
  8. tulis yang banyak atau blog yang banyak? :p

    ReplyDelete
  9. tulis yg banyak dan blog yg banyak juga, terserah lu deh hehe, udah mampir tadi k blog lu, nice, ayo ayo teruskan, sini tak bantu2 kl butuh apa2 ceileh hehehe

    ReplyDelete
  10. thanks, dan. eh iya mau dong dibantu. dibantu pinjemin kamera juga boleh deh ;)

    ReplyDelete
  11. boleeeh2, mau kamera yang mana? bebaslah, tinggal bilang, nanti di anter hihi

    ReplyDelete
  12. mungkin juga ya. jadi malas menulis panjang. hehe

    ReplyDelete