Tuesday, April 29, 2008

Singel Terbaru Coldplay, "Violet Hill"

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Rock
Artist:Coldplay
Hari Selasa, 29 April 2008 kemarin, Colplay merilis singel pertama berjudul "Violet Hill" dari album keempat mereka yang diberi judul Viva la Vida or Death and All His Friends. Singel ini dapat diunduh secara cuma-cuma pada website resmi mereka, coldplay.com hanya dalam waktu seminggu, sebelum singel ini dirilis dalam bentuk rekaman fisik pada tanggal 6 Mei nanti. Albumnya sendiri baru akan dirilis pada tanggal 16 Juni 2008.

"Violet Hill" dibuka dengan riuh rendah bunyi synthesizer yang atmospheric yang pada akhirnya mengantarkan kita kepada alunan vokal Chris Martin dengan pianonya. Ia lalu bernyanyi, “A long and dark December/ From the rooftops I remember there was snow.” yang disambut dengan riff berpola dan berdistorsi dari gitaris Johnny Buckland serta hentakan seksi ritem yang patah-patah.

Di lagu ini tidak ada refren konvensional, yang ada hanyalah sebuah part yang terus berulang di akhir verse, seraya Chris Martin bernyanyi, “If you love me, won’t you let me know…” diantara raungan gitar ala glam rock yang kemungkinan besar adalah sidik jari dari produser album ini, Brian Eno.

Sampai pada akhir lagu, setelah semua suara tensi tinggi itu berakhir, Chris Martin kembali bernyanyi berdua secara intim dengan pianonya, seperti ciri khas Colplay selama ini dengan lagu-lagu baladanya. Chris pun menutup dengan lembut lagu ini, seraya kembali menyanyikan lirik, “If you love me, won’t you let me know…”

Singel “Violet Hill” ini menurut saya cukup berbeda dengan singel-singel yang pernah dihasilkan Coldplay selama ini, dan ini merupakan kabar bagus. Tampaknya lagu-lagu lain dalam album terbaru ini akan dipenuhi oleh beragam petualangan baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, mengingat pernyataan Chris Martin dalam salah satu interviewnya, yang berkata bahwa album pertama hingga ketiga merupakan sebuah trilogi dan album terbaru ini adalah sebuah awal yang baru.

16 comments:

  1. gw juga sedang mengunduh nih..hehehhehehhe

    yang gw baca, chris martin akan mengurangi teknik vokal falsetto-nya di album ke empat coldplay ini. plus akan banyak bunyi2 gitar distorsi..

    can't wait till June 12 or 16??!

    ReplyDelete
  2. kemaren gue mau download, ada trouble...
    untung loe ingetin lagi. hehehe
    good one nih...

    ReplyDelete
  3. iya bener..katanya sih begitu. ia akan banyak bernyanyi di nada rendah yang terkesan lebih seksi dan lebih personal. hehe..ternyata banyak yang terganggu ya sama falsetto-nya chris martin. kita lihat aja nanti janji chris martin terbukti benar atau tidak.

    ReplyDelete
  4. sekarang harus nulis email dulu, rik. ntar baru dikirim linknya. kemaren katanya bisa langsung ya.

    ReplyDelete
  5. baru baca di kompas halaman paling belakang....penasaran juga nich.

    ReplyDelete
  6. udin donlod.. lagunya aga banyak noise ya kali ini....

    ReplyDelete
  7. Nanti Nidji juga nyanyi nada rendah ga ya? Hihi.

    ReplyDelete
  8. kita tunggu album ketiga mereka.haha

    ReplyDelete
  9. hai, salam kenal. Saya Kasih. Kak, saya ijin mau mengkopi alamat blog ini. Abis keren-keren isinya, terutama foto dan ulasan film. Alamat blog Kakak bakal saya tampilin ke blog tugas kuliah...

    hatur nuhun..:)

    ReplyDelete