Thursday, October 16, 2008

Besok Adalah World Toy Camera Day


Tanggal 18 Oktober 2008 besok adalah penyelenggaraan yang keenam kalinya dari World Toy Camera Day, dimana satu hari penuh setiap orang di dunia mengambil gambar apapun melalui berbagai kamera yang dianggap sebagai toy camera. Penjelasan resmi mengenai World Toy Camera Day, saya cantumkan di paling bawah tulisan ini.

Sebenarnya masih terjadi perdebatan hingga saat ini, kamera apa saja yang dianggap sebagai toy. Sejauh yang saya ketahui, istilah toy camera itu awalnya adalah julukan yang diberikan oleh para fotografer profesional terhadap berbagai kamera film berbahan plastik yang biasanya berharga murah dan menghasilkan gambar-gambar dengan kualitas lo-fi.

Yah, sebenarnya definisi mengenai toy camera bebas-bebas saja, tergantung persepsi masing-masing. Yang pasti toy camera tidak selalu kamera yang dijual oleh Lomography Society International. Apapun merknya, selama masih analog dan bukan kamera berharga belasan juta yang biasa digunakan oleh para fotografer profesional.

Jadi ingat, yang terpenting besok jangan lupa untuk membawa toy cameramu kemana saja kamu pergi dan habiskanlah rol-rol film itu dalam satu hari penuh.

Jika ingin menguploadnya, bisa di flickr group di alamat ini. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai World Toy Camera 2008, bisa dilihat disini. Dan seperti tahun-tahun lalu, ada hadiah menarik bagi foto yang terpilih sebagai pemenang.

Selamat bersenang-senang dengan kameramu besok!


About WORLD TOY CAMERA DAY

A World Toy Camera Day community affair with like minded toy camera photographers from all over the globe who take part on this day in the month of October. A day where we wake up in the wee hours of the morning and load all of our favorite plastic cameras like the Holga, Diana, Brownies and the like and end the day with our Low-fi, Low-brow, blurry and ridiculously out of focus snap shots. A day also invented by Becky Ramotowski who took the idea from World Pinhole Photography Day. Her idea spawned a world wide annual event using toy cameras and shooting endless rolls of 120 and Polaroid film...oh and even some crappy 35mm too...and has been in circulation for six years now. See you all there!

11 comments:

  1. ada jg hari kayak gini
    terima kasih inponya

    ReplyDelete
  2. salah satu pendiri WTCD namanya satriaramadhan bukan?

    ReplyDelete
  3. menarik sekaliii.... v+f for d poster!!!..ahikahikahik...

    ReplyDelete
  4. selamat hari raya, minal aidin wal kamera

    ReplyDelete
  5. pendiri merangkap public relation merangkap sekretaris umum. lengkap dah pokoknya..hehe..

    ReplyDelete
  6. haha..posternya gokil emang. berarti film ilford dan polaroid adalah pilihan 'Tuhan'.

    ReplyDelete
  7. ..dan yg lainnya pilihan setaaan!...hua ahahhahaa... piss ahh

    ReplyDelete