Tuesday, November 10, 2009

Mari Sambut: Kentang Radio

Sungguh malang memang nasib radio. Keberadaannya dalam dunia media selalu rapuh untuk tiada dan ditinggalkan. Terutama jika sebuah teknologi media baru telah diciptakan.

Jika dulu di tahun 1979, The Buggles menyanyikan “Video Kills The Radio Star”, seperti seruan di kala itu yang mengingatkan akan sebuah era yang rasanya akan mulai berakhir.

Kini 30 tahun setelah itu, umur radio ternyata masih belum berakhir. Radio masih digemari oleh banyak orang. Walaupun keberadaanya kini kembali terancam oleh kehadiran internet yang membuat orang bisa mendengarkan musik apa saja yang mereka mau, kapan saja dan (hampir) dimana saja.

Namun, media internet itu tidaklah sekejam ibu tiri. Ia tidak begitu saja menyingkirkan radio. Internet dapat membuat hubungan mutualisme yang harmonis antara radio. Kini banyak radio konvensional yang dapat juga streaming di internet. Jadi pendengar sebuah radio yang tadinya hanya ada di area yang dijangkau oleh gelombang dari pemancar, kini bertambah luas dengan adanya streaming di internet.

Karena fasilitas streaming ini juga yang menjadi bidan dari lahirnya begitu banyak radio online sekarang ini. Kehadiran radio online ini hampir sulit untuk terdeteksi karena sifatnya yang independent. Saya juga tidak tahu berapa banyak radio online yang sudah ada di Indonesia sekarang ini.

Namun ada sebuah radio online yang baru saja saya temukan dan langsung membuat saya terkesima. Radio ini mengudara sesuka hati mereka. Tidak ada jadwal pasti. Sepertinya mengikuti jadwal sang DJ dan juga bergantung pada koneksi internet yang ‘angin-anginan’. Atau malah tergantung pendengar sedang ingin mendengarkan atau tidak. Seperti kemarin mereka bertanya di wall Facebook mereka: PENGENNYA Kentang Radio SIARAN GAK MALEM INI ???


Nama radio ini Kentang. Entah apa maksud di balik namanya itu. Kena tanggung? Iya, mendengarkan radio ini bisa kena tanggung jikalau tiba-tiba koneksi internet terputus disaat kita sedang menikmati sebuah lagu dari situ.

Ah, tapi apa artinya sebuah nama. Yang terpenting dari radio ini adalah materi dari lagu-lagu yang diputarnya. Dan juga soal bagaimana radio ini memanfaatkan salah satu jajaring sosial terbesar yang ada di dunia maya saat ini sebagai rumah mereka.

Radio Kentang bisa didengarkan atau streaming di laman Facebook mereka. Tinggal klik tombol listen, maka langsung muncul perangkat streaming yang dapat memperlihatkan judul lagu yang tengah diputar dan berapa jumlah orang yang sedang mendengarkan streaming di saat itu.

Radio ini juga memberi fasilitas bagi pendengar untuk chatting. Ya, mereka tahu benar kebiasaan orang Indonesia yang suka mengobrol tanpa juntrungan. Jadi diberilah fasilitas chatting agar orang bisa langsung komentar atau request atau bicara tidak penting lainnya disitu. Yang menarik sang DJ juga turut terlibat dalam chat tersebut. Karena itu terjadilah pembicaraan langsung antara penyiar dan pendengar.

Maaf, rasanya kata penyiar kurang tepat jika kita berbicara mengenai Radio Kentang. Mungkin sebutan DJ lebih tepat. Karena dari beberapa hari ini saya mendengarkan siaran mereka, hanya satu kali ada penyiar yang berbicara langsung di depan microphone diantara jeda lagu. Sisanya, siaran Radio Kentang hanya memutar lagu saja. Lagipula sudah ada fasilitas chatting jika kita ingin ‘mendengar suara’ sang DJ.

Karena berbagai ketidaklaziman itulah yang membuat radio Ketang bukanlah radio konvensional. Bisa dikatakan Radio Kentang adalah penyemarak dari perkembangan web 2.0 melalui penggunaan jejaring sosial sebagai medium dan runtuhnya dinding antara pendengar dan penyiar atau pemutar lagu atau DJ atau apapun itu sebutannya.

Salah satu yang membuat saya terkesima akan radio ini adalah materi lagu-lagu yang mereka putar. Satu waktu mereka memutar lagu-lagu Indonesia dari era 80an, mulai dari Denny Malik hingga lagu Senam Kesegaran Jasmani 88. Satu waktu lagi mereka memutarkan lagu-lagu aneh bin ajaib dari segala penjuru Asia Tenggara.

Mereka tidak peduli ketika memutarkan lagu Guruh Soekarno Putra yang berdurasi lima belas menit lamanya. Atau tiba-tiba memutarkan lagu daerah Minang di sebuah malam. Siapa juga yang mau protes? Yang mendengar juga pasti merasa senang karena mereka bisa merasakan sebuah pengalaman baru dari mendengarkan sebuah radio.

Namun sejauh saya mendengarkan siaran Radio Kentang, saya merasa bahwa mereka tidak melulu idealis dengan terus memutarkan lagu-lagu yang tidak umum. Sepertinya mereka juga tidak ingin terlihat pretensius dan tidak ingin terus terlihat keren. Jadi mereka pun memutarkan lagu-lagu populer yang mungkin sudah dirindukan untuk didengar diantara lagu-lagu tidak umum itu yang sesekali mereka katakan sebagai “Lagu-Lagu Paling Tidak Enak Yang Dapat Membuat Anda Mimisan.”

Ini adalah radio ‘berbahaya’ yang patut diawasi pergerakannya di masa yang akan datang. Kita beruntung bisa memiliki radio ini di Indonesia seperti Inggris beruntung memiliki pirate radio, Radio Rock walau itu hanya ada di film The Boat That Rocked. hehe

Jadi silahkan klik gambar dibawah ini untuk menuju pada laman Facebook dari Radio Kentang dan bersiaplah untuk mengalami petualangan musikal yang sangat sangat mengasyikkan yang tidak akan kalian dapatkan di radio-radio pada umumnya.





PS: Tapi jangan kecewa dulu jika sudah mengklik tombol listen, namun belum keluar suara apapun. Berarti Anda belum beruntung untuk sekarang ini. Coba lagi dalam beberapa jam ke depan. hehe

26 comments:

  1. haha, gua denger nih. gokil, Indonesia Mahardhika diputer sampe abis! sampe gue kasian sama gitarisnya, ini dia abis ini mau pake lick apa lagi. segala tapping teknik segala macem udah ludes sepanjang lagu. tp bagusnya, gue bangga jauh sebelum Slash bikin lick catchy buat Since I Don't Have You, kita udah mainin yg kaya gituan di tahun 70-an.

    ini bukti kalo Kentang Radio bukan cuma fenomenal, tetapi juga mencerdaskan pendengarnya. siapa sangka lagu "Halo Jakarta" yg biasanya cuma jadi backsound liputan TV kalo ultah DKI ternyata punya lirik yg sangat "Orde Baru"? gue taunya karena denger Kentang Radio. :D

    oh iya, tips untuk mengetahui siaran Kentang Radio bisa dengan menyimak lewat status FB atau tweetnya. kalo ada update status, kemungkinan besar mereka sedang siaran.

    ReplyDelete
  2. setuju, an. kentang radio ini selaras dengan alinea keempat dalam pembukaan UUD 45: ...untuk mencerdaskan kehidupan bangsa...

    kemaren pas siaran dj anus, jadi berasa ikut kelas geografik rock region asia tenggara sebanyak 24 sks. hehe..

    ReplyDelete
  3. The Boat That Rocked. Film pirate radio yang berhasil membuat gw nangis malem-malem. Meeennnn... :D

    ReplyDelete
  4. indonesia butuh banyak radio seperti ini!

    ReplyDelete
  5. orangnya ketauan siapa gak dims?

    ReplyDelete
  6. eh ini gw yang salah liat ato emang gak ada link ke radionya yah?

    ReplyDelete
  7. sudah ketemu, langsung meluncur, gokil nih radio...hehehe, dim, coba dipikirkan untuk ada versi mobile-nya..hehehe

    ReplyDelete
  8. gila sekarang dia nyetel lawak jayakarta group, hahaha gokil

    ReplyDelete
  9. Wah menarik juga kyanya! Meluncur ke tkp gan!

    ReplyDelete
  10. haha, yoi. setelah Jayakarta Group trus ada lagu2 plesetannya Kasino Warkop DKI. gila. unik bener ni radio. dan kayanya lagu SKJ itu pertanda pergantian acara, Dim. karena setelah SKJ masuk ke acara The Best of Supermega Hits Slow Rock Ballad (najis nama acaranya. LOL) dan dibuka oleh lagu dr Aerosmith yg kata penyiarnya didedikasikan untuk Steven Tyler yg baru cabut. haha.

    ReplyDelete
  11. wah saya belum beruntung nih. Stok musiknya pasti gila-gilaan ya. Tongkrongin terus ah

    ReplyDelete
  12. haha..pas bagian mana? tapi memang keren yah film ini.

    ReplyDelete
  13. diantara para DJnya, gw baru tau satu doang. itu juga karena disebut sama mereka sendiri.

    ReplyDelete
  14. bener-bener 'pergi membunuh' ya radio ini. hehe

    ReplyDelete
  15. duh, gw ketinggalan ni yang semalem. muterin grup lawak. kepikiran aja ya. heheh

    ReplyDelete
  16. hahah..kayak nama album kompilasi 90an ya, an. ntr malam apa yah kira2?

    ReplyDelete
  17. bener-bener deh judulnya. kompilasi 90an banget. haha.

    ReplyDelete
  18. *update:

    1. akhirnya kentang radio memiliki domain sendiri di www.kentangradio.com
    2. untung pengguna mac yang sering gak bisa akses streaming, sekarang sudah bisa diakses melalui alamat: http://202.59.205.19:9004/listen.pls

    ReplyDelete
  19. gue baru ngulik2. emang bagus. streamingnya lancar jaya tanpa buffer buka dari beberapa source dan itunes tetep sync. dan banyak hal yang gue ulik2 hehe.

    ReplyDelete
  20. Emang keren nih Dims..
    Terobosan baru dlm mengisi malam2 panjang gw..
    Streamingnya sempurna.
    Btw Bang David Tarigan terlibat disini ya?
    Di fb ada fotonya tuh... :)

    ReplyDelete
  21. wah jd penasaran...tapi takutnya malah jd homesick guaaa!hahaha. Tapi keren bgt bs denger lagu lagu ajaib begituan ya?keren dah.

    ReplyDelete
  22. Hallo bung Dimas... saya cuma mau tanya sedikit saja... Apa bung DImas mau mecoretkan sedikit kata-kata tentang kentang radio untuk tampilan "About" pada kentangradio.com yang nantinya bakal di tampilkan bersama beberapa tulisan dari yang lain juga? Jika bung Dimas tertarik silahkan kirim tulisan bung ke email kami kentangradio@gmail.com. Thanks sebelum nya :D

    ReplyDelete
  23. wah, dengan senang hati. harus kapan maksimal pengumpulannya? dan seberapa panjang?

    ReplyDelete
  24. Kalo seberapa panjang terserah bung Dimas aja lah... Kalo mau liat2 dulu tulisan2 yg udah ada silahkan aja di "Tentang Kentang Radio" di website kita yaaa... batas waktu pengumpulannya... santai ajaaaahhh.... langsung send ke kentangradio@gmail.com... :D

    ReplyDelete